Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, SMA Negeri 1 Jakarta Pusat akan menjadi sekolah hijau (green school) pertama di Jakarta.

"Sekolah ini akan menjadi sekolah hijau pertama di Jakarta, dengan konsep menghemat energi dan menggunakan tenaga matahari," ujarnya dalam jumpa pers serah terima renovasi gedung SMA Negeri 1 Jakarta, Senin.

Ia menambahkan pemugaran atau renovasi yang telah berakhir ini tidak hanya sekedar menjadi perbaikan belaka namun juga menjadi tempat yang sesuai sebagai standar tempat hidup.

"Sehingga dapat menjadi pemicu dan pemacu masyarakat secara luas dalam proses pelestarian lingkungan," lanjutnya.

Sekolah ini akan menggunakan sistem daur ulang air dengan sistem pengelolaan sampah dan limbah daur ulang, serta menggunakan peralatan yang tidak menambah emisi gas yang dapat menimbulkan efek rumah kaca.

Bangunan SMA Negeri 1 Jakarta termasuk kawasan cagar budaya dan direnovasi sejak Desember 2008 yang berakhir pada Mei 2009.

Proses renovasi ini berlangsung dengan menggunakan dana dan inisiatif dari Ikatan Alumni Boedi Oetomo (Ikaboedoet).

Sekolah hijau ini apabila berhasil juga akan diteruskan ke gedung pemerintah daerah DKI dengan konsep gedung hijau (green building), tambahnya.

Sekolah hijau dapat menjadi laboratorium untuk menimba ilmu dan membentuk karakter, imam dan takwa serta dasar dari pelestarian lingkungan.

"Diharapkan dari sekolah hijau ini akan menimbulkan efek berantai (multiply effect) agar ditiru oleh sekolah-sekolah lain di Jakarta," ujarnya. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009