Paris (ANTARA News/AFP) - Rafael Nadal, yang berusaha membuat sejarah dengan merebut gelar Prancis Terbuka lima kali secara beruntun, dan Roger Federer, yang masuh berusaha meraih gekar pertama di Roland Garros untuk melengkapi karir Grand Slam, hari Senin maju ke babak kedua.

Unggulan utama dan petenis nomor satu dunia, Nadal, menyingkirkan petenis kualifikasi Brasil, Marcos Daniel, 7-5 6-4 6-3 untuk menciptakan rekor karirnya di Roland Garros, yakni menang 29 kali dalam 29 pertandingan.

Nadal (22) memecahkan rekor sebelumnya atas nama mantan juara enam kali, Bjorn Borg, yang meraih 28 kemenangan secara beruntun antara 1978 hingga 1981.

Nadal di babak berikutnya akan berhadapan dengan Igor Kunitsyn atau Teimuraz Gabashvili, keduanya dari Rusia, untuk menempatkan diri di babak 32 besar.

"Pertandingan pertama selalu sulit, Saya sedikit grogi karena turnamen ini sangat spesial bagi saya, tetapi saya merasa sangat baik," kata Nadal.

Federer, yang kalah di tiga final terakhir dari Nadal di Prancis Terbuka, menyingkirkan petenis Spanyol, Alberto Martin 6-4 6-3 6-2.

Bintang Swiss tersebut, pemegang 13 gelar Grad Slam, melakukan 10 pukulan As dan 38 winners saat menang atas juara junior Prancis Terbuka itu.

Petenis putri nomor satu dunia, Dinara Safina, membuka pertandingannya dengan kemenangan 6-0 6-0 atas Anne Keothavong.

Safina, runner-up 2008 dan sedang berusaha meraih gelar Grand Slam perdananya, akan menghadapi rekan senegaranya, Vitalia Diatchenko, seorang pemain kualifikasi, untuk maju ke babak 32 besar.

Keothavong, peringkat 48 dunia, maju ke turnamen tersebut karena penampilannya di Warsawa pekan lalu. Di turnamen Warsawa itu ia menjadi petenis putri pertama Inggris dalam 26 tahun yang maju ke semifinal suatu event lapangan tanah liat WTA.

Tetapi, debutnya di Roland Garros berubah menjadi mimpin buruk, karena Safina tidak memberi ampun dalam pertandingan yang berjalan hanya satu jam.

Yang juga maju ke babak kedua adalah unggulan ketiga Venus Williams, runner-up 2002. Venus menyingkirkan rekan senegaranya, Bethanie Mattek-Sands 6-1 4-6 6-2.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009