Jakarta (ANTARA News) - Ketua Tim Pemberantasan Korupsi (Tipikor) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Marwan Batubara mengatakan jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Jawa Timur pekan lalu merupakan akibat dari korupsi anggaran.

"Anggaran pembelian suku cadang pesawat Hercules itu dikorupsi sehingga mengakibatkan kecelakaan tersebut," kata Marwan dalam seminar "Gelar Nasional Pemberantasan Korupsi" di Jakarta, Rabu.

Seminar yang berlangsung di Ruang Nusantara V, Gedung DPR di Senayan, Jakarta, tersebut diadakan oleh Komite Pusat Gerakan Masyarakat Peduli Akhlak Mulia (GMP-AM) bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan dihadiri kalangan anggota DPR, DPD, kalangan pejabat pemerintah, dan sejumlah undangan lainnya.

Menurut Marwan, praktik korupsi di negeri ini telah menjalar ke berbagai instansi pemerintah.

Pihak TNI AU mengatakan penyebab jatuhnya pesawat angkut militer di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jatim, Rabu (20/5) lalu, itu hingga kini belum diketahui dan masih dalam penyelidikan.

Kecelakaan pesawat yang mengangkut 109 orang itu menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk penduduk setempat.

Marwan dalam seminar itu menjelaskan mengenai beragam jenis korupsi, antara lain suap menyuap, penyalahgunaan jabatan, pemerasan, perbuatan curang, dan penggelembungan biaya proyek.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009