Jakarta (ANTARA) - FKS Foundation, organisasi nirlaba yang didirikan oleh FKS Group, menditribusikan alat tes diagnostik cepat COVID-19 atau COVID-19 Rapid Test Kit yang bersertifikasi sebanyak 200.000 unit.

Perwakilan dari FKS Foundation Yanuar Samron, mengatakan COVID-19 Rapid Test Kit tersebut akan didonasikan kepada Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan RSPAD Gatot Soebroto.

"Kami memiliki kepedulian untuk membantu upaya Pemerintah Indonesia dalam mengatasi penyebaran virus Corona di Indonesia. Kami sangat berterima kasih dapat diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan keempat institusi tersebut," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Mulai hari ini hingga beberapa minggu ke depan, lanjutnya, 200.000 unit COVID-19 Rapid Test Kit akan didistribusikan kepada empat institusi besar tersebut.

FKS Group merupakan salah satu grup perusahaan nasional yang fokus pada sektor pangan dan logistik.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Budi Sylvana, MARS mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif FKS Foundation dalam mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia melalui penyerahan COVID-19 Rapid Test Kit ini yang fungsinya sangat penting.

Menurut dia, alat tes diagnostik cepat COVID-19 tersebut tidak hanya sebagai alat deteksi dini infeksi virus Corona tetapi juga untuk membantu monitor sistem imun pascapemulihan.

"Diharapkan kita dapat memutus rantai penularan COVID-19 dengan melakukan Rapid Test kepada khalayak banyak sehingga kita dapat segera memberikan tindakan medis yang diperlukan," katanya.

Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Sumariyono, SpPD-KR, MPH mengatakan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk swasta, sangat dibutuhkan agar dapat segera mengatasi penyebaran virus Corona yang sudah memberikan dampak begitu besar kepada masyarakat dan negara.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020