Magelang (ANTARA News) - Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari menyatakan bahwa kemungkinan dirinya tetap menjabat sebagai Menkes jika pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono memenangi Pilpres mendatang.

"Kalau SBY lanjut kemungkinan besar saya `katut` (Ikut,red)," katanya di Magelang, Kamis (28/5), saat Peresmian Gedung Pos Kesehatan Desa di Desa Pucangsari Kecamatan Muntilan dan Pencanangan Desa Siaga se-Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jika pemenang pilpres pada tanggal 8 Juli 2009 ternyata pasangan calon lainnya, katanya, kemungkinan dirinya juga masih tetap menjabat di kabinet.

Selama pemerintahan Presiden SBY, katanya, dirinya telah menempatkan kedaulatan rakyat terutama dalam bidang kesehatan.

"Jamkesmas dan Desa Siaga suatu wujud kedaulatan rakyat. Ini yang bisa saya sumbangkan selama 4,5 tahun ini menjadi menkes," katanya dalam acara yang antara lain dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Hartanto, Bupati Magelang Singgih Sanyoto, Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Magelang, Hendarto, dan sekitar 3.500 kader kesehatan di daerah itu.

Ia mengatakan, selama ini dirinya telah menjalankan program pemerintahan Presiden SBY karena mencintai rakyat.

Berbagai program pro-rakyat yang dilakukan oleh pemerintah, katanya, harus dilanjutkan oleh pemerintahan pada masa mendatang.

Pada kesempatan itu, Siti Fadilah mengatakan, pembangunan kesehatan selama ini telah berhasil meningkatkan status kesehatan masyarakat.

"Meskipun belum optimal tetapi sudah dirasakan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, berbagai survei membuktikan bahwa program SBY yang telah dirasakan masyarakat adalah program kesehatan.

Sukses program pembangunan kesehatan itu, katanya, tidak lepas dari peranan penting para kader kesehatan.

"Tanpa kader, program saya tidak sampai kepada rakyat, mohon para kader lebih aktif," katanya.

Bupati Singgih Sanyoto mengatakan, Program Desa Siaga sebagai pintu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup masyarakat.

Pada saat ini, katanya, sebanyak 372 desa dan kelurahan yang ada di daerah yang dikelilingi oleh lima gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh) itu telah menjalankan Program Desa Siaga.

"Seluruh komponen masyarakat memiliki peranan penting untuk mewujudkan kesehatan masyarakat secara mandiri," katanya.

Pada kesempatan itu Menteri Siti Fadilah melakukan dialog dengan para kader kesehatan dan menyerahkan bantuan alat-alat kesehatan untuk Desa Siaga di Desa Pucungrejo yang diterima Kepala Desa, Muhammad Ma`ruf. (*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009