Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden Megawati Soekarnoputri mengkritik anggota kabinet yang menjadi tim sukses dalam kampanye Pemilihan Presiden 2009 karena akan mengurangi kualitas kinerja pemerintahan.

"Kabinet merupakan salah satu bentuk tim kerja dari sebuah pemerintahan yang tidak lagi mempersoalkan latar belakang partai," kritiknya usai meresmikan media center Megawati-Prabowo di Jakarta, Kamis.

Megawati melanjutkan, kabinet yang berjalan saat ini adalah kabinet sistem presidensial di mana ada presiden dan wakil presiden.

"Jika kita masih komit dengan konsensus sistem presidensial, maka tidak seharusnya anggota kabinet menjadi tim sukses dalam Pilpres mendatang," tegasnya.

Megawati menyatakan, pelibatan kabinet dalam tim sukses kampanye hanya akan mengurangi kualitas kinerja pemerintahan dan tidak maksimal kerjanya.

Calon Presiden usungan PDIP dan Gerindra itu, mengaku prihatin dengan pimpinan nasional dan pembantu-pembantunya yang tidak lagi memikirkan jalannya roda pemerintahan, melainkan lebih fokus pada tim sukses.

"Saya berharap, hal seperti ini tidak terjadi lagi karena sangat tidak baik. Saya paham, karena kita sedang belajar berdemokrasi," kata Megawati. (*)

Pewarta: luki
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009