Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Azerbaijan berharap pemerintah Indonesia segera membuka kantor kedutaan di negaranya.

Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Mr Ibrahim A Hajiyev, di Jakarta, Kamis mengatakan, keberadaan kedutaan sangat diperlukan yaitu untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara. Saat ini Azerbaijan telah membuka kedutaan di Indonesia.

"Hubungan Indonesia dengan Azerbaijan sangat baik. Kami berharap dengan dibukanya kedutaan disana (ibukota Azerbaijan, Baku ) hubungan lebih dekat hingga masa mendatang," katanya disela peringatan Hari Kemerdekaan Azerbaijan.

Menurut dia, hubungan antara Indonesia dengan Azerbaijan terjalin sejak tahun 1991. Selama perjalanannya, Indonesia telah memberikan dukungan sepenuhnya terhadap Azerbaijan serta kerjasama di segala hal.

Kemungkinan kerjasama yang dibangun antara lain dibidang ekonomi hingga bidang politik. Pihaknya optimis hubungan baik dengan Indonesia bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kedua negara.

"Keberadaan Indonesia adalah penting bagi dunia termasuk dalam forum-forum internasional. Untuk itu selain membinan hubungan bilateral Azerbaijan juga ikut berperan aktif dalam organisasi konferensi Islam," katanya menambahkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk pembukaan kedutaaan di Baku, pihak Departemen Luar Negeri (Deplu) Indonesia telah melakukan konfirmasi. Saat ini proses pembukaan kedutaan masih berlangsung.

"Pembukaan kedutaan Indonesia di Baku masih dalam proses. Yang jelas dengan adanya pembukaan kedutaan, hubungan bilateral diharapkan lebih baik," kata diplomat yang tinggal di Indonesia sejak empat tahun yang lalu itu.

Peringatan Hari Kemerdekaan Azerbaijan di Indonesia berlangsung dengan meriah. Selain dihadiri oleh utusan dari pemerintah Indonesia yaitu Menteri Pemberdayaan Perempuan Mutia Hatta, juga dihadiri oleh duta besar negara-negara yang ada di Indonesia.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009