London (ANTARA News) - Film Laskar Pelangi karya sutradara Riri Riza menyerap perhatian penonton di Beograd dalam acara pembukaan Festival film Indonesia di Yugoslav Film Archive, Beograd, malam Jumat.

Festival Film Indonesia kali ini menitikberatkan pada karya Riri Riza dengan filmnya seperti Laskar Pelangi, Eliana-Eliana, Untuk Rena, 3 Hari Untuk Selamanya, Petualangan Sherina dan GIE, demikian Ance Maylany, Pensosbud KBRI Beograd kepada koresponden ANTARA Jumat.

Ance mengatakan acara pembukaan dihadiri diplomat, pejabat pemerintahan dan pencinta film Indonesia dari kalangan mahasiswa khususnya Akademi Drama dan Seni serta masyarakat perfilman Beograd.

Acara diawali sambutan dari Yugoslav Film Archive, Dinko Tucakovic, pengamat dan kritisi film yang menyampaikan bahwa penyelenggaraan festival merupakan bagian kerjasama yang paling unik dan spesifik di Beograd.

Sementara itu Dubes RI Beograd menyampaikan Festival film Indonesia tahun ini merupakan festival kedua sebagai kelanjutan festival film pertama yang diselenggarakan tahun 2008.

Festival film yang mendapat liputan dari TV nasional Radio Televisi Serbia (RTS) dan penyelegara dari KBRI diwawancara mengenai penyelenggaraan festival dan film yang ditayangkan.

Pada akhir pemutaran, undangan yang hadir memuji Laskar Pelangi dan dinilai sebagai film yang sangat menyentuh. Para penonton memberikan apresiasi yang positif kepada pihak KBRI.

Festival yang berlangsung hingga Minggu, 31 Mei mendatang dengan film penutup GIE, diharapkan dapat berjalan dengan lancar berkat kerjasama KBRI Beograd dengan KBRI Praha dan Miles Film Production. (*)

Pewarta: luki
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009