Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR, Rico Sia, menyarankan pemerintah memberikan Jaring Pengaman Sosial bersamaan dengan penerapan imbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penerapan PSBB dipandang politisi Partai NasDem itu sebagai imbauan pemerintah agar masyarakat berdiam diri di rumah untuk menghadapi Covid-19.

Baca juga: Jubir: Jaring pengaman sosial kurangi dampak ekonomi COVID-19

"Tentunya (PSBB) akan sangat berdampak pada perekonomian berskala mikro (kecil). Yang saya maksudkan lapis bawah adalah mereka yang berpenghasilan dari pendapatan harian. Mereka tidak hanya menghidupi diri sendiri, mereka juga punya keluarga yang harus dinafkahi," kata dia,  dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Sejauh ini, anggota legislatif daerah pemilihan Papua Barat itu mengapresiasi program Kartu Pra-Kerja gelombang I yang diterbitkan pemerintah sejak tanggal pendaftaran pada 11-16 April 2020.

Baca juga: 53.546 KK di Bekasi terima jaring pengaman sosial

Adapun yang lolos akan diumumkan pada hari ini Jumat, 17 April 2020.

Namun menurut dia, pemerintah juga harus terlebih dahulu memberikan bantuan sembako atau Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat dengan ekonomi berskala mikro atau lapisan bawah itu.

"Masyarakat perekonomian berskala mikro atau lapisan bawah sudah banyak sekali yang menjerit," kata dia.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020