Ngawi (ANTARA News) - Nurul Wijayanti (23), Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia, asal RT5/RW2 Desa Dinden, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi, Jatim, ditemukan tewas, diduga gantung diri di rumah orang tua majikan tempat ia bekerja.

Kepala Desa Dinden, Sutrisno, Senin, mengatakan, hingga saat ini pihak keluarga masih menunggu kedatangan jenazah yang rencananya akan tiba dari Malaysia Kamis (18/6) mendatang. Informasi meninggalnya korban diterima oleh pihak keluarga pada hari Minggu (14/6).

"Jika semua surat-surat yang dibutuhkan lancar pengurusannya, Diperkirakan jenazah akan datang pada Kamis (18/6) mendatang. Meski tidak percaya dengan kabar kematian korban, namun pihak keluarga meminta jenazah korban segera dikirim pulang," katanya.

Menurut dia, saat ini keluarga masih terlihat shock setelah mendengar kabar kematian korban. Apalagi dengan kedatangan sejumlah wartawan, semakin menambah sedih keluarga. Pihak keluargapun enggan berkomentar banyak.

Lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari perusahaan yang memberangkatkan korban yaitu PT Mutiara Putra Utama di Jakarta, melalui berita acara Kepolisian Diraja Malaysia, disebutkan korban tewas akibat bunuh diri dengan cara gantung diri.

"Saat ini seluruh pengurusan kepulangan jenazah sepenuhnya ditangani perusahaan tersebut dengan dibantu oleh KBRI. Hal ini karena, korban merupakan TKW resmi," katanya.

Ia mengemukakan, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Sukono (46) dan Sumirah (45) ini, berangkat menjadi TKW di Malaysia sejak tahun 2007. Sebelum dinyatakan meninggal dunia, korban terus melakukan komunikasi dengan pihak keluarga.

"Kontak terakhir dilakukan pada empat hari sebelum korban ditemukan tewas. Sedangkan, bantuan sementara yang diterima keluarga korban saat ini baru berupa uang santunan dari PJTKI yang memberangkatkan korban. Korban baru kali ini bekerja di luar negeri," kata Sutrisno menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Transmigrasi, Penempatan, dan Perluasan Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Ngawi, Wahidi Joko Purwoko saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan memantau kedatangan jenazah serta membantu pihak keluarga guna mengetahui penyebab utama kematian.

Selama di Malaysia, Nurul bekerja di rumah majikannya, Tan Seng Woo, warga Jalan Asa Empat, Taman Asa Jaya 43000 Kajang, Malaysia. Namun, Nurul Wijayanti binti Sukono ditemukan gantung diri di rumah orang tua majikannya, Sia Fok Chai yang berada di Jalan Sri Damai I, Taman Sri Damai 43000 Kajang, Selangor, Malaysia. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009