Jakarta (ANTARA News) - Sedikitnya 16 wartawan dari 11 media asing telah terdaftarkan diri untuk meliput laga Manchester United melawan Indonesian All Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 20 Juli mendatang.

Bidang Publikasi dan Media LOC MU Tour Indonesia Souraiya Farina mengungkapkan, wartawan dari 11 media asing tersebut telah diproses melalui komputerisasi dan diteliti keabsahannya.

"Kami sudah menerima pengembalian formulir akreditasi dari sekitar 11 media asing. Masih banyak data permohonan akreditasi yang belum kami buka, dan kami belum tahu persis berapa media yang nantinya akan meliput pertandingan persahabatan internasional ini," kata dia di Jakarta, Senin.

Ke-11 media asing itu antara lain Australia Broadcasting Corporation (radio), The Australian Magazine, Elsevier Magazine Amsterdam, kantor berita Xinhua (China), AFP Perancis dan Inggris, suratkabar Times (Inggris), kantor berita Bernama (Malaysia), Reuters Malaysia, ABC Television, AFP Jakarta dan AFP Filipina. Dari ke-11 media tersebut tercatat 16 wartawan.

Sementara dari media lokal yang telah mendaftar, Farina mengungkap ada 101 wartawan dari puluhan media massa.

Panitia Lokal (LOC) pertandingan MU vs Indonesia All Stars di Jakarta menyediakan formulir akreditasi yang bisa di-print-out melalui situs resmi PSSI, www-pssi-football.com.

Farina yang juga Manajer Sekretariat PSSI menegaskan batas akhir pengembalian formulir registrasi pada 20 Juni mendatang.

"Batasan waktu itu tak bisa ditawar-tawar karena kami harus menyeleksi formulir yang masuk," ujarnya.

Ditambahkannya, akreditasi yang disetujui harus disesuaikan dengan kapasitas tempat duduk untuk para peliput di media tribune dan area pinggir lapangan tempat para juru foto mengambil gambar pertandingan.

Akreditasi peliputan pertandingan MU dengan tim Indonesia All Star dikhususkan hanya untuk media cetak. Sementara media elektronik terbatas pada radio dan online.

Para wartawan dari media televisi tidak diperkenankan meliput langsung pertandingan sesuai dengan hak ekslusif siaran yang dimiliki oleh tvOne.

(*)

Pewarta: anton
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009