Senggigi, Lombok (ANTARA News) - Wakil Presiden Organisasi Dansa Dunia atau World Dance Council (WDC)), Marcel de Rijk, mengatakan Pulau Lombok, NTB) berpotensi menjadi tuan rumah penyelenggaraan lomba dansa dunia (World Dance Championships) tahun 2010.

"Lombok punya potensi karena daerah wisata dan kami akan perjuangkan agar penyelenggaraan `World Dance Championships` tahun 2010 digelar di Lombok," ujarnya kepada wartawan di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Senin.

Ia mengatakan, `World Dance Championships` merupakan perlombaan dansa paling bergengsi di dunia karena pesertanya merupakan para pedansa yang meraih juara pertama dan kedua perlombaan dansa di negara-negara anggota WDC.

Sejauh ini sudah ada 50 negara yang menjadi anggota WDC termasuk Indonesia, dan perwakilan dari 50 negara anggota WDC yang berhak menentukan lokasi penyelenggaraan `World Dance Championships`.

Namun, sebagai bagian dari pimpinan WDC Marcel berjanji akan memperjuangkan penyelenggaraan lomba dansa dunia pada tahun 2010 di kawasan wisata Senggigi, Pulau Lombok.

"Saya akan perjuangkan agar Lombok menjadi tuan rumah lomba dansa dunia itu, namun saya mengharapkan semua pihak mendukung kesuksesan `Lombok International Dance Championships 2009`, 21 Juni mendatang," ujarnya.

Lomba dansa internasional tahun 2009 yang akan digelar di Lombok NTB itu akan melibatkan 134 orang pedansa atau 66 pasang dari 14 negara (Eropa dan Asia) yang akan berlaga di kategori Ballroom dan Latin, baik amatir maupun profesional.

Menurut Marcel, jika `Lombok International Dance Championships` 2009 itu sukses maka kepercayaan organisasi dansa dunia terhadap Lombok NTB semakin menguat.

Apalagi, lomba dansa internasional di Pulau Lombok itu akan diikuti oleh pedansa berkelas dunia baik amatir maupun profesional.

Pedansa amatir kelas dunia yang menjuarai "Amateur Ten Dances" di Paris, Prancis tahun 2008, yakni Eldar Dzafarov dan Anna Sazhin dari Azerbaijan (Eropa), dipastikan hadir dalam perlombaan dansa internasional itu.

Pasangan dansa profesional dari Rusia, Evgeny Ryupin dan Yana Pokrovskaya, yang telah beberapa kali memenangi perlombaan dansa di Eropa dan telah menjadi salah satu pasangan dansa terbaik dunia, dipastikan ikut berlomba pada kategori Latin.

Pasangan dansa profesional dari Hong Kong Alexander dan Irina Zhiratkov, juga akan berlomba namun pada kategori Ballroom. Pasangan dansa dari Rusia namun mewakili Hong Kong itu sempat masuk babak final pada kejuaraan dansa bergengsi dunia yang berlangsung di Blackpool, Inggris.

Finalis lomba dansa World and European Championships 2008/2009 dan Professional Champions Slovenia, Domen dan Monica Krepez, juga akan mengambil bagian.

Demikian pula finalis Professional Champions Thailand and South East Asian, Deys Demovskyy dan Waropa Jariyathammaret, yang juga dipastikan akan ikut berlaga.

"Dengan demikian, peluang Lombok menjadi tuan rumah penyelenggaraan `World Dance Championships` 2010 makin terbuka karena telah terbukti sukses dalam menyelenggarakan even dansa internasional selama lima kali berturut-turut setiap tahun," ujar Marcel.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009