Semarang (ANTARA News) - Persiapan juara dunia kelas bulu WBA, Chris John untuk menghadapi tarung ulang melawan petinju tuan rumah, Rocky Juarez di Staples Center Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009 sudah mencapai 90 persen.

"Sisa waktu yang tinggal 11 hari ini akan saya pergunakan untuk menyempurnakan persiapan sehingga pada saat pertarungan mendatang sudah benar-benar siap 100 persen," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Menurut petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut, dirinya masih menyelesaikan beberapa sesi latihan dengan mitra latih tanding atau "sparring partner" dengan William Kicket (petinju yang dibawa langsung dari Sasana Herry`s Gym Perth, Australia).

Sebelum pertarungan (kurang beberapa hari) baik Chris John maupun Rocky Juarez akan disibukkan dengan kegiatan resmi yang berkaitan dengan pertarungan tersebut, mulai sesi pertemuan kedua petinju, temu pers, timbang badan, dan lain sebagainya.

"Saya tinggal menyelesaikan sesi latihan dengan mitra latih tanding, sambil menjaga kebugaran fisiknya yaitu latihan fisik," kata petinju yang sudah 11 kali memertahankan gelarnya sejak merebutnya dari petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali, 2003.

Di samping itu, kata ayah dua putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani), dirinya juga sedang konsentrasi menurunkan berat badannya agar mendekati berat ideal di kelas bulu (57,1 kilogram).

"Berat badan saya sudah baik tetapi masih perlu diturunkan lagi," kata suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut tanpa menyebut berat badannya sekarang ini.

Selama berada di Amerika Serikat, peraih medali emas cabang olahraga wushu nomor sanshou (perkelahian bebas) Pekan Olahraga Nasional (PON) XV/2000 Surabayatersebut tinggal di Channel Island (sekitar 1,5 jam perjalanan dari Los Angeles).

Untuk pertarungan kedua melawan Rocky Juarez tersebut, Chris John melakukan persiapan cukup lama. Usai pertarungan pertama di Toyota Center, Texas, Houston, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009, Chris John istirahat total selama satu bulan.

Kemudian awal April 2009, bertolak ke Australia untuk menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym Perth. Akhir Mei 2009 (24/5), kembali ke Indonesia dan bertemu dengan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault.

Akhir Mei 2009 bertolak ke Amerika Serikat untuk persiapan menghadapi penantangnya, Rocky Juarez di Staples Center Los Angeles, 27 Juni 2009.(*)

Pewarta: ricka
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009