Bloemfontein, Afrika Selatan, (ANTARA News) - Spanyol muncul sebagai tim terbaik di dunia sebagian karena begitu banyak pemain penting bermain di Liga Utama Inggris, kata pelatih Vicente Del Bosque, Selasa. Inilah makna terima kasih bagi pelatih negeri Matador itu.

Jika menang atas Irak pada pertandingan Grup A Piala Konfederasi hari Rabu (Kamis WIB) akan membawa Spanyol ke semifinal setelah hari Minggu mengalahkan Selandia Baru 5-0, demikian dikutip dari Reuters.

Kayakinan dan harapan meliputi Spanyol bahwa mereka bukan hanya favorit menjuarai turnamen tersebut, tetapi juga Piala Dunia mendatang.

"Kenyataan para pemain Spanyol pergi ke luar negeri, khususnya ke Inggris, merupakan salah satu faktor yang telah mengangkat Spanyol," kata el Bosque kepada wartawan.

"Kini ada enam pemain di skuad Spanyol yang bermain di sana, dan bermain di Inggris telah banyak membantu memperbaiki mereka.

"Empat puluh atau 50 tahun lalu Spanyol memainkan gaya Inggris, tetapi hal itu tidak benar sekarang ini. Sebaliknya, para pemain telah mempelajari hal-hal baru di Inggris dan tempat lainnya yang mereka tuju.

"Mereka mempunyai kesadaran taktik yang lebih besar, mereka berkembang menjadi orang, mereka lebih matang daripada sebelumnya dan ini pasti merupakan sesuatu yang penting bai pembentukan tim ini."

Fernando Torres, yang mencetak hattrik saat melawan Selandia Baru, adalah salah satu pemain Liverpool bersama dengan Xabi Alonso dan Albert Riera, penjaga gawang Pepe Riena dan bek Alvaro Arbeloa.

Gelandang Cesc Fabregas bermain untuk Arsenal dan Gerrard Pique pernah bermain untuk Manchester United.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009