Jakarta (ANTARA News) - Langkah pemain bulutangkis tunggal putri Maria Kristin pada turnamen Djarum Indonesia Super Series 2009 harus terhenti pada babak pertama setelah kalah dari pemain asal China, Xie Xingfang dalam permainan dua game langsung.

"Faktor angin memengaruhi permainan saya di game pertama. Pada game kedua, saya kalah strategi dari Xingfang," kata Maria saat ditemui usai pertandingan di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu.

Pemain tunggal putri peringkat 14 dunia itu harus mengakui keunggulan Xingfang setelah melewati permainan selama 37 menit yang berakhir dengan skor 17-21, 21-23.

Selain faktor angin dan strategi, Maria mengaku undian yang didapatnya cukup sulit.

"Undiannya berat. Baru pertandingan pertama sudah ketemu Xingfang," katanya.

Runner-up Djarum Indonesia Super Series 2008 itu juga mengatakan penampilannya kali ini tidak dipengaruhi oleh cedera lutut yang membuatnya absen pada turnamen Aviva Singapore Super Series 2009 pekan lalu.

"Cedera lutut nggak pengaruh ke permainan saya," katanya.

Pemain tunggal putri China Xie Xinfang mengatakan ia sangat beruntung dapat memenangi pertandingan itu.

"Pertandingan itu cukup sulit. Saya cukup beruntung dapat menang," kata Xiengfang.

Pemain yang belum meraih satu gelar juara pun tahun ini mengaku ia tidak tahu bahwa Maria menderita cedera di lutut.

"Saya tidak tahu kalau Maria sedang cedera. Saya hanya berfokus ke pertandingan," kata pemain peringkat sembilan dunia itu.

Pemain tunggal putri lainnya yang juga terhenti langkahnya pada babak pertama turnamen berhadiah total 250 ribu dolar AS adalah Rizki Amelia Pradipta.

Pemain yang melaju ke babak utama setelah melewati babak kualifikasi ini menyerah dua game langsung dari pemain Belanda Rachel van Cutsen dengan 16-21 18-21.

Dengan tersingkirnya Maria dan Rizki, maka wakil Indonesia yang tersisa di partai tunggal putri adalah Maria Elfira Christina yang akan melawan unggulan keempat asal Hongkong Wang Chen, serta Adriyanti Firdasari yang ditantang pemain Belanda, Yao Jie.

Unggulan pertama asal Hong Kong Zhou Mi yang pekan lalu juara di Singapura, secara mengejutkan tersingkir pada babak pertama juga setelah dikalahkan pemain non unggulan asal Jepang Sayaka Sato 21-11, 16-21, 19-21.

"Hari ini belum beradaptasi dengan lapangan," kata Zhou Mi yang memuji lawannya berlain bagus.

Zhou Mi yang tahun lalu kalah dario Maria Kristin pada babak perempatfinal.

"Zhou Mi adalah pemain peringkat atas, saya masih tidak percaya bisa menang," kata Sato yang selanjutnya bertemu pemenang antara Wong Mew Choo dari Malaysia melawan Kim Moon Hi dari Korea.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009