Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden 2009 Jusuf Kalla menyerahkan penilaian atas pelaksanaan debat antar capres yang berlangsung di Jakarta, Kamis malam, kepada masyarakat.

"Tentu masyarakat saja yang memberikan pandangan. Bagi kita baik-baik saja," katanya, menjawab pertanyaan wartawan tentang tanggapan terhadap debat capres yang mengangkat tema mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih serta menegakkan supremasi hukum dan hak asasi manusia ini.

Menurut JK, melalui debat ini masyarakat dapat menilai cara setiap capres dalam menghadapi masalah bangsa yang timbul.

"Agar masyarakat bisa menilai cara kita bila ada masalah, bagaimana menyelesaikannya," ujarnya yang ditemui sesaat sebelum meninggalkan lokasi debat.

Ia menilai debat yang dipandu oleh moderator Anies Baswedan ini berlangsung dengan baik dan lancar. Menurut dia, dalam sebuah debat tidak perlu ada saling menyerang, tetapi cukup dengan memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan.

Ketika ditanya pendapatnya tentang format debat yang sebaiknya diisi dengan tanya jawab antar capres, JK mengatakan pada prinsipnya peserta debat hanya mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Berdasarkan aturan KPU seperti ini, kita mengikuti saja," katanya.

Setelah mengikuti debat pertama ini, tiga capres masih harus menghadapi dua debat lainnya yang mengangkat tema mengentaskan kemiskinan dan pengangguran yang akan dipandu oleh moderator debat Aviliani.

Dan tema selanjutnya yaitu NKRI, demokrasi, dan otonomi daerah yang akan dipandu oleh moderator Pratikno.(*)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009