London (ANTARA News/Reuters) - Aset Iran hampir satu miliar pound (1,64 miliar dolar) telah dibekukan di Inggris berdasar sanksi internasional yang dijatuhkan karena program nuklir Iran, pemerintah Inggris mengatakan.

"Seluruh aset yang dibekukan di Inggris berdasar sanksi Uni Eropa dan PBB terhadap Iran itu kira-kira 976.110.000 pound," Ian Pearson, sekretaris ekonomi kementerian keuangan, mengatakan Kamis dalam pernyataan tertulis pada parlemen.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian lagi.

Iran telah dicengkeram pekan ini oleh demonstrasinya yang paling keras sejak revolusi Islam 1979, yang memicu pemilihan presidennya yang diperselisihkan Jumat lalu.

Dewan Keamanan PBB telah menjatuhkan tiga rangkaian sanksi terhadap Iran sejak 2006 karena program nuklirnya, yang negara-negara Barat duga ditujukan untuk mengembangkan senjata atom. Teheran mengatakan programnya dirancang hanya untuk membangkitkan listrik

Sanksi PBB itu mencakup pembekuan aset, perusahaan dan orang yang diduga terlibat dalam atau mendukung kerja nuklir yang sensitif atau pengembangan rudal balistik, termasuk Bank Sepah milik negara dan perusahaan-perusahaan yang dikuasai oleh Garda Revolusi.

UE telah membekukan aset bank terbesar Iran, Bank Melli.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009