Johannesburg (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama telah menerima undangan FIFA untuk menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia 2010, kata presiden badan dunia sepak bola itu, Sepp Blatter, Senin.

"Presiden Amerika Serikat telah diundang untuk menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia 2010. Ia telah menerima undangan kami," kata Blatter kepada wartawan.

"Tetapi, Anda tahu bahwa kepala negara sangat sibuk dan kami harap jadwalnya bisa memungkinkannya untuk hadir," tambahnya.

Upacara pembukaan Piala dunia 2010 akan diselenggarakan di stadion baru "Soccer City" yang berkapasitas 100.000 tempat duduk di pinggiran kota Soweto.

Pertandingan pertama akan menampilkan baik Bafana Bafana, julukan tim nasional Afrika Selatan, maupun juara dunia Italia.

Blatter kembali menekankan, ia menaruh kepercayaan penuh pada kemampuan Afrika Selatan untuk menyelenggarakan Piala Dunia yang berhasil.

"Selama beberapa tahun belakangan ini alasan bahwa Piala Dunia tidak pernah diselenggarakan di Afrika adalah karena orang di dunia tidak mempercayai Afrika.

Saya mempercayai Afrika dan Afrika Selatan. Kinilah saatnya dunia melakukan hal yang sama. Dunia akan melihat suatu tontonan yang fantastis di Afrika di tahun 2010. Afrika Selatan akan membuat setiap orang bangga akan Afrika," katanya. (*)

Pewarta: ricka
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009