Jakarta (ANTARA News) - Nokia Siemens Networks bekerjasama dengan Juniper Networks membangun jaringan IP dan teknologi optik untuk menciptakan solusi yang dapat mendekatkan penggunaan dua teknologi ini.

Menurut Head of DWDM Business Line Nokia Siemens Networks, Uwe Fischer, dalam siaran pers, Kamis, solusi IP-Optik yang terintegrasi akan memberikan operator solusi yang fleksibel, handal dan efisien untuk mengatur pertumbuhan volume data, voice dan aplikasi multimedia.

"Memiliki kedua teknologi ini dalam satu pengaturan jaringan berarti kita telah memiliki keringkasan teknologi dan efisiensi," tambah Fischer.

Senior Vice President dan General Manager, High-End Systems Business Unit Juniper Networks, Opher Kahane, mengatakan, kombinasi IP dan teknologi transport optik dapat meningkatkan efisiensi jaringan.

"Kami sangat bersemangat untuk dapat memberikan solusi inovatif ini ke pasar," kata Opher.

Solusi gabungan yang ditawarkan itu akan meningkatkan efisiensi jaringan keseluruhan karena dilengkapi dengan TransNet, piranti lunak network planning dari Nokia Siemens Networks.

Operator dapat juga menikmati kecepatan layanan provisioning karena hanya satu DWDM interface yang butuh untuk diinstal dan dikonfigurasikan. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009