Jakarta (ANTARA News) - Capres Megawati Soekarnoputri menyatakan, Indonesia harus mandiri terlebih dulu agar bisa bergerak semakin kuat untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus memerangi kemiskinan.

"Dan intinya yang harus disejahterakan itu adalah petani. Tetapi itu tadi, kita mesti mandiri terlebih dulu. Itu substansinya," katanya dalam sesi dua Debat Capres putaran kedua, di Studio Metro TV, Kedoya, Jakbar, Kamis malam.

Megawati Soekarnoputri menyatakan, jika Indonesia tetap tergantung kepada asing, Indonesia tak bisa banyak bergerak leluasa.

"Dalam kaitan peningkatan kesejahteraan rakyat seluruhnya, terutama petani, maka mereka perlu perlindungan," tegasnya.

Debat Capres putaran kedua dengan topik "Mengentaskan Kemiskinan dan Pengangguran" itu dipandu oleh pengamat ekonomi Dr Aviliani.

Dalam kesempatan itu, Calon Presiden M Jusuf Kalla menegaskan, bangsa Indonesia harus mandiri dengan kemampuan yang dimilikinya.

"Bangsa ini harus mandiri dengan kemampuannya sendiri sehingga dihormati bangsa-bangsa lain," katanya.

Menurut dia, bangsa Indonesia dengan segala sumber daya alam serta manusianya harus bisa mandiri.

Kalla menjelaskan berbagai program bantuan langsung ke masyarakat sebagai "pancing" kepada masyarakat memang perlu. Dengan kata kiasan Kalla menjelaskan yang dibutuhkan bangsa ini tidak hanya "pancing" tetapi juga sekaligus membuat "perahunya"

"Pancing-pancing itu tak cukup. Bangsa ini harus bisa membuat `perahu` dan pancingnya sekaligus," kata Kalla dengan tegas.(*)

Pewarta: imung
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009