Buenos Aires,(ANTARA News) - Pemain sepakbola legenda Argentina Diego Maradona beroleh kado setimpal dengan menandatangani kontrak "setinggi langit" untuk meneruskan kiprahnya sebagai pelatih tim nasional negara itu.

Laporan media Kamis menyebutkan, Maradona akan menerima bayaran sebesar 1,2 juta dolar (860.000 euro) untuk kontrak satu tahun, berarti ia menerima 100.000 dolar (139.000 euro) per bulan dan berlangsung selama November 2008 ke Oktober 2009, demikian dikutip dari AFP.

Dengan adanya kontrak itu, berarti Maradona yang bekerja sebagai pelatih tim nasional Argentina sejak November 2008 tetapi tanpa ikatan kontrak, akan menjadi pelatih tim itu hingga akhir babak penyisihan Piala Dunia, Oktober.

Bila tim yang pernah menjadi juara Piala Dunia itu maju ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, berarti kontraknya akan diperpanjang.

Berita itu akan membuat tertarik pada mantan pelatih Argentina seperti Daniel Passarella, Marcelo Bielsa, Jose Pekerman dan Alfio Basile, yang sebelumnya dibayar hanya antara 40 sampai 50.000 dolar per bulan.

Federasi Sepakbola Argentina merasa Maradona amat berpengaruh dalam timnya--menarik banyak penonton bahkan bila ada pertandingan persahabatan sekali pun, sehingga akhirnya menarik minat sponsor.

Maradona belakangan ini sebenarnya mendapat banyak kritikan, terutama setelah Argentina berada di urutan keempat babak penyisihan Piala Dunia zona Amerika Selatan.

Dengan berada di urutan keempat, Argentina harus mengikuti babak playoff dan bila gagal maka mereka akan terdepak dari percaturan pertandingan Piala Dunia 2010.(*)

Pewarta: ricka
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009