London (ANTARA News) - Juara bertahan Venus Williams hari Sabtu berhasil membalas dendam atas salah satu dari kekalahannya yang paling memalukan dengan maju ke babak 16 besar Wimbledon setelah menang 6-0 6-4 atas Carla Suarez Navarro.

Venus di babak selanjutnya akan berhadapan dengan Ana Ivanovic, yang menjadi satu-satunya harapan Serbia setelah unggulan keenam, Jelena Jankovic secara mengejutkan disingkirkan pemain kualifikasi Amerika, Melanie Oudin.

Venus (29) disingkirkan di babak kedua Australia Terbuka pada Januari oleh pemain Spanyol yang tak diunggulkan, Suarez Navarro, meskipun telah unggul 5-2 di set terakhir.

Tetapi, Venus, yang merupakan unggulan ketiga, mengubah penampilannya hari Sabtu untuk tetap bertahan guna menjadi petenis putri pertama yang meraih hat-trick di tunggal putri Wimbledon, sejak Steffi Graf yang meraih tiga kemenangan secara beruntun dari tahun 1991 hingga 1993.

Venus seperti dilaporkan AFP sekali lagi bermain dengan lutut kirinya dibalut perban, tetapi ia secara mudah menundukkan Suarez Navarro dalam waktu satu jam dan 21 menit.

Juara lima kali Wimbledon tersebut belum kalah satu set pun hingga babak ketiga tahun ini dan kemenangannya secara beruntun di All England Club tersebut kini menjadi 17 pertandingan.

Suarez Navarro, petenis nomor 34 dunia, telah dua kali mencapai perempatfinal Grand Slam pada usianya yang 20 tahun, tetapi ia tidak berhasil mengulangi kemenangannya atas Venus di Australia Terbuka.

Venus mengatakan, " Ia benar-benar menikmati permainan tersebut. Dia merupakan pemain yang bermain cepat dan kompetitif, jadi saya merasa senang mengalahkannya."

Sementara itu, Jankovic, petenis putri nomor satu dunia hingga Agustus lalu, ditumbangkan oleh Oudin yang berusia 17 tahun dan petenis nomor 124 dunia dengan skor 6-7 (8/10) 7-5 6-2.

Jankovic, yang berjuang dengan kuku ibu jari kaki pecah dan melepuh, didera cedera dan kelelahan akibat panas selama pertandingan di Court Three.

Ia minta perawatan tiga kali sebelum akhirnya tumbang di set terakhir untuk melanjutkan tahun kekecewaan bagi pemain Serbia itu.

Oudin, yang untuk pertama kalinya bermain di Wimbledon, di babak selanjutnya akan berhadapan dengan pemain China, Li Na atau unggulan ke-11, Agnieszka Radwanska dalam penampilan babak keempat pertamanya di Grand Slam.

Sementara itu, rekan senegara Jankovic, Ana Ivanovic, tampil mengesankan dengan mengungguli unggulan ke-18 dari Australia, Samantha Stosur 7-5 6-2.

Setahun lalu, Ivanovic tiba di London baratdaya tersebut sebagai pemain nomor satu dunia sehubungan dengan kemenangannya di Prancis Terbuka. Tetapi, penampilannya yang menyedihkan sejak kemenangannya di Paris itu membuat dirinya terlempar dari 10 besar dunia untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Tetapi, unggulan ke-13 dan semifinalis Wimbledon 2007 itu terlalu tangguh bagi Stosur.

Mantan juara junior Wimbledon, Caroline Wozniacki, unggulan kesembilan, mencapai babak keempat untuk pertama kalinya, setelah petenis remaja Denmark itu mengalahkan Anabel Medina Garrigues dari Spanyol 6-2 6-2. (*)

Pewarta: ferly
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009