Johannesburg,(ANTARA News) - Pemain tengah Brazil yang belum lama ini dikontrak klub raksasa Spanyol Real Madrid, Kaka, Minggu, dianugerahi piala Golden Ball, setelah terpilih sebagai pemain terbaik pada ajang Piala Konfederasi.

Striker Luis Fabiano, rekan satu timnya di timnas Brazil itu yang berhasil mengejar ketertinggalan dua gol untuk mengalahkan Amerika Serikat 3-2, menempati urutan kedua dan pemain tengah AS Clint Dempsey berada di posisi ketiga.

Fabiano sendiri mendapatkan piala Golden Boot karena menjadi pencetak gol terbanyak dengan lima gol dan penjaga gawang AS Tim Howard menerima piala Golden Glove sebagai kiper terbaik pada akhir kejuaraan itu yang dianggap sebagai gladi resik bagi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Playmaker Brazil Kaka mengatakan, seperti dikutip Reuters, skuad tersebut telah belajar dari kesalahan yang mereka lakukan empat tahun lalu, ketika mereka menjadi juara Piala Konfederasi, kemudian melangkah menuju Piala Dunia di Jerman dengan harapan menang pula.

Namun sebagai gantinya, bukannya kemenangan yang mereka peroleh, mereka malah gagal mempertahankan trofi yang mereka peroleh di Piala Dunia 2002, setelah disingkirkan Prancis di babak perempat final.

Kaka memainkan suatu peran penting dalam kemenangan Brazil di final hari Minggu itu, kendati ia tidak mencetak satu gol pun dan kemudian mendapat gelar pemain terbaik tersebut.

Ketika ditanya apakah kesuksesan itu akan membuat Brazil menjadi tim favorit untuk merebut kembali Piala Dunia tahun depan di Afsel, Kaka menjawab, "Yah, pertama kami harus lolos kualifikasi dulu. Kami masih memiliki sisa empat pertandingan kualifikasi dan mudah-mudahan kami bisa lolos kualifikasi."

"Tetapi kami harus menghindari eforia yang berlebihan dan tidak perlu sekarang karena setelah kami menang dalam Piala Konfederasi 2005, perayaannya terlalu berlebihan," katanya.

"Sekarang kami harus tetap tenang, tetapi saat kami berkumpul bersama sebagai suatu tim dan berlatih bersama bagi periode yang lebih lama, kami tahu kami mampu. Jika kami benar-benar bisa melangkah ke Piala Dunia sebagai tim favorit, mudah-mudahan hal itu bisa menjadi kenyataan."

Belum pernah ada tim yang menang di Piala Konfederasi, yang digunakan sebagai suatu ajang uji coba atau pemanasan bagi Piala Dunia, menjadi juara pada Piala Dunia pada tahun berikutnya, namun Kaka mengatakan Brazil jelas memiliki kesempatan itu dan melakukannya dengan benar.

Menurut laporan FIFA mengenai peringkat dunia, Brazil akan naik ke peringkat teratas dunia saat laporan itu disiarkan pada Rabu, menggeser kedudukan Spanyol yang sebelumnya bertengger di peringkat satu dunia tahun lalu.

Pada Selasa, Kaka secara resmi diperkenalkan sebaai pemain Real Madrid untuk pertama kali setelah ia ditransfer seharga 68 juta euro ($98 juta dolar) dari AC Milan.

Ia mengatakan ia sangat senang pindah ke klub barunya ini dengan berhasil memboyong trofi yang baru mereka peroleh ini pula, demikian dikutip dariAFP dan Reuters.(*)

Pewarta: ferly
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009