London (ANTARA News) - Venus dan Serena Williams hampir tidak mengeluarkan keringat di udara pasan Wimbledon Senin, ketika mereka melaju ke perempatfinal.

AFP melaporkan, juara bertahan Venus secara mudah memenangi set pertama melawan mantan petenis nomor satu dunia, Ana Ivanovic, yang mundur akibat cedera, sementara temperatur melampaui 30 derajat Celsius di the All England Club.

Serena menyingkirkan Daniela Hantuchova, sementara Elena Dementieva juga secara mudah melenggang ke delapan besar setelah mengalahkan Elena Vesnina.

Juara lima kali, Venus, sedang berusaha menjadi petenis pertama yang menang hat-trick di tunggal putri Wimbledon sejak Stefi Graf meraih gelar tiga kali secara beruntun dari tahun 1991 hingga 1993.

Unggulan ketiga itu memenangi set pertama dengan skor 6-1 dalam waktu setengah jam, setelah itu, Ivanovic dari Serbia pahanya dibalut perban.

Juara Prancis Terbuka 2008 itu memenangi game pertama di set kedua, tetapi rasa sakit membuatnya tidak mempunyai pilihan lain kecuali mundur, meninggalkan Court One dengan derai air mata.

"Saya benar-benar merasa sedih karenanya. Ia benar-benar terpukul," kata Venus, yang akan menghadapi Agnieszka Radwanska dari Polandia untuk merebut tiket ke semifinal.

Adik Venus, Serena, unggulan kedua, mengalahkan Hantuchova 6-3 6-1 dalam waktu 56 menit di Lapangan Dua.

Juara dua kali itu secara mudah menyingkirkan pemain yang tak diunggulkan dari Slowakia dan di babak selanjutnya akan berhadapan dengan Victoria Azarenka dari Belarusia.

Unggulan keempat Dementieva, semifinalis tahun lalu, mengalahkan rekan senegaranya dari Rusia, Vesnina 6-1 6-3 dalam waktu 70 menit.

Azarenka, unggulan kedelapan, harus bekerja keras untuk menundukkan unggulan ke-10 dari Rusia, Nadia Petrova.

Azarenka memenangi set pertama 7-6 (7/5) melalui tie-break, setelah itu Petrova meminta perawatan medis dan kakinya diterapi dengan es.

Petenis Rusia itu memenangi set kedua 6-2, tetapi kalah di set terakhir 6-3.

Sementara itu, Unggulan ke-11 dari Polandia, Radwanska, perempatfinalis tahun lalu, juga menang straight set melawan petenis remaja Amerika Serikat, Melanie Oudin.

Petenis nomor 124 dunia, Oudin, yang harus melalui babakkualifikasi untuk maju ke babak utama, menunjukkan semangat juang yang tinggi, tetapi debutan Wimbledon itu akhirnya kalah 6-4 7-5.(*)

Pewarta: ricka
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009