Los Angeles (ANTARA News/AFP) - Ibu Michael Jackson telah ditunjuk sebagai wali sementara tiga anak-anaknya oleh seorang hakim Los Angeles Senin, empat hari setelah kematian bintang pop itu.

Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles Mitchell L. Beckloff telah menyetujui penunjukan Katherine Jackson, 79, berdasarkan dokumen yang diajukan atas namanya oleh pengacaranya.

Satu petisi yang diajukan di Pengadilan Tinggi Los Angeles minta Katherina Jackson untuk ditunjuk sebagai wali anak-anak tersebut, Prince Michael, 12, Paris, 11, dan Prince Michael II, 7.

Anak-anak itu telah dalam perawatan nenek mereka sejak meninggalnya Jackson pekan lalu pada usia 50 tahun di Los Angeles.

Pemeriksaan lebih lanjut telah dijadwalkan pada 3 Agustus, beberapa pejabat pengadilan mengatakan.

Pengacara keluarga Londell McMillan telah mengkonfirmasi Minggu Katherina Jackson akan melancarkan klaim hukum bagi pengasuhan anak-anak itu.

"Ia akan meminta perlindungan bagi anak-anak itu. Ia sangat menyayangi mereka," McMillan mengatakan pada CNN.

Bekas isteri Jackson selama tiga tahun, Debbie Rowe, adalah ibu dari kedua anak tertua, sementara anak ketiga dilahirkan pada 2002 dari seorang ibu pengganti yang tidak pernah diumumkan.

Meskipun Rowe menurut laporan telah menyerahkan hak orangtua pada Jackson, beberapa pakar hukum keluarga yakin ia memiliki kesempatan kuat untuk memmperoleh hak pengasuhan atas kedua anak-anak itu berdasar alasan ia adalah satu-satunya orangtua biologis yang masih hidup.

McMillan, bagaimanapun, mengindikasikan Rowe akan menghadapi tantangan dari keluarga Jackson sekiranya ada tantangan mengenai pengasuhan.

"Anak-anak (Michael) akan dalam perawatan hebat dengan Nyonya Jackson," kata McMillan. "Mereka akan dalam lingkungan yang penuh kasih. Ia adalah seorang nenek yang hebat. Saya tidak dapat memikirkan seseorang yang lebih baik ketimbang seorang nenek seperti Katherine Jackson dan dukungan penuh kasih dari keluarga Jackson."

Rowe tetap tak menonjolkan diri sejak perceraiannya dari Jackson dan tidak berbicara secara terbuka sejak kematiannya. Ada laporan-laporan yang bertentangan mengenai keinginan Rowe, dengan seorang bekas temannya mengatakan ia terkejut akan kematian Jackson tapi pada satu waktu tentu saja akan mengusahakan pengasuhan dua anak mereka.(*)

Pewarta: adit
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009