Mataram (ANTARA News) - Jusuf Kalla menjanjikan akan membentuk "Kabinet Nusantara" untuk menjaga harmoni bangsa jika menang Pilpres.

"JK-Wiranto ini pasangan nusantara, maka pasti kabinetnya nusantara," kata Capres M Jusuf Kalla saat dialog dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa.

Pada acara tersebut Jusuf Kalla dalam kapasitas sebagai Wakil Presiden namun dalam sesi dialog ada peserta yang meminta agar ada anggota kabinet dari NTB jika JK terpilih sebagai presiden.

Sebelumnya dalam dialog dengan para tokoh masyarakat dan Majelis Latupaty Ambon juga dipertanyakan hal yang sama.

"Untuk kabinet, kita mementingkan faktor kemampuan seseorang, tetapi saya juga akan tetap mempertimbangan keterwakilan daerah supaya ada harmoni bangsa," kata Kalla yang disambut tepuk tangan.

Kalla mengakui baik di Ambon maupun di Mataram terdapat banyak sekali kader yang memiliki kemampuan. Karena itu akan menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan.

Kalla menegaskan bahwa setiap daerah memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin dan memimpin bangsa Indonesia.

"Kami (JK-Wiranto) ini akan menghapuskan mitos bahwa presiden harus dari Jawa. Kalau itu yang terjadi orang kawasan timur tidak akan dapat apa-apa," kata Kalla.(*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009