Bandung (ANTARA News) - Kecintaan "bonek" sporter mania terhadap tim kesayangan Persebaya Surabaya, menggelandang di sekitar stadion Siliwangi Bandung, sejak Selasa siang menunggu dimulainya pertandingan melawan PSMS Medan.

Ratusan bonek tampak lebih rileks menunggu pertandingan Persebaya Surabaya vs PSMS Medan yang akan berlangsung Selasa malam pukul 19.00 WIB.

Pantauan ANTARA, arek-arek Suroboyo yang juga dikenal sebagai bonek dengan menggunakan kostum hijau duduk di sekitar stadion dan membeli pernak-pernik pertandingan di pinggir jalan. Para bonek pun ada yang membawa gitar sekedar bernyanyi menghilangkan penat.

Terlihat beberapa penggemar Persib turut hadir dengan menggunakan atribut Persib. Namun tidak ada percekcokan yang timbul.

Di samping itu, beberapa bonek tampak mengamen menggunakan gitar atau dengan tangan kosong di perempatan Siliwangi dengan jalan Aceh. Selain itu, ada pula bonek yang menjadi `juru parkir` dadakan.

Tidak sedikit warga yang memberikan uang kepada para bonek yang mengamen.

Namun beberapa di antara bonek ini membuat ketidaknyamanan warga. Seperti yang terjadi pada Putri, salah satu pengendara yang lewat. "Masa tadi ada yang minta duit maksa," ucap Putri.

Putri menuturkan, bonek yang meminta uang secara paksa tadi bahkan menunjuk uang yang ada di Putri.

"Itu membuat saya tidak nyaman," ujarnya.

Terkait hal itu, Putri berharap agar para bonek tidak mengganggu ketertiban dan dapat menjamu tamu yang akan datang di Surabaya kelak dengan sopan.

Sementara itu, masih banyak calo terlihat menawarkan tiket. Namun pihak keamanan tampak bergeming.

Ketua Viking Heru Joko menyatakan menyambut baik kedatangan bonek. Dia pun mengatakan polisi telah siap melakukan pengamanan. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009