Jakarta (ANTARA News) - Sampoerna Foundation telah merealisasikan program pendidikannya tahun ini dengan membangun dua sekolah bertaraf internasional di Jawa Timur dan Sumatra Selatan.

"Realisasinya program pendidikan itu merupakan kerja sama Pemerintah Jawa Timur dan Sumatra Selatan," kata Direktur Program dan Hubungan Alumni Sampoerna Foundation, Eddy Henry di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, Sampoerna Foundation adalah sebuah organisasi filantropi profesional yang berdedikasi untuk menciptakan pemimpin yang berkompeten dan bermoral melalui pendidikan berkualitas.

"Program pendidikan bertaraf internasional di Jatim yakni di SMAN 10 Malang dan SMAN Internasional Sumatra Selatan (Sumsel)," katanya.

Eddy mengatakan, untuk SMAN Internasional Sumsel dibangun atas kerja sama pemerintah setempat. Tahun ajaran 2009/2010 sekolah tersebut sudah mulai menerima siswa baru.

"Siswa yang diterima di sekolah tersebut sepenuhnya mendapat beasiswa dari Sampoerna Foundation, selain itu mereka mendapat asrama," katanya.

Sedangkan di  SMAN 10 Malang, Jatim sifatnya hanya sekolah binaan bertaraf internasional dari organisasi tersebut.

Ia menyebutkan, sejak tahun 2001 pihaknya telah memberikan lebih dari 32.000 beasiswa dari tingkat SD hingga program strata dua (S-2), baik di Indonesia maupun di luar negeri.

"Beasiswa tersebut kami berikan terutama bagi siswa maupun mahasiswa yang memiliki kemampuan terbaik, namun mereka mengalami kesulitan keuangan," ujarnya.

Selain memberikan beasiswa, kata Eddy, sejak tahun 2005 juga mengolah program pengembangan sekolah dengan mengadopsi 17 sekolah dan lima madrasah di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

"Program ini memiliki tujuan positif yang tidak hanya ditujukan untuk siswa saja, tapi juga bagi guru, kepala sekolah dan sistem pendidikan," katanya.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009