Barcelona, Spanyol,(ANTARA News) - Mega bintang rock U2, Selasa, melancarkan tur dunia baru mereka di sebuah panggung spektakuler di Barcelona di hadapan sekitar 90.000 penggemar yang bergairah.

Band veteran itu masuk stadion Nou Camp, markas kelompok sepak bola Bercelona, pada sekitar pukul 22:00 waktu setempat (Rabu, pukul 03:00 WIB) untuk memulai tur dunia "360 derajat"nya, terkait dengan album barunya "No Line on the Horizon", demikian dikutip dari AFP.

Konser itu diadakan di atas panggung yang besar sekali yang memakan separuh dari lapangan stadion itu. Di atasnya bangunan metal yang besar sekali, yang dijuluki "The Claw" oleh para penggemar dan yang menyerupai sebuah laba-laba raksasa, 50 meter panjangnya dan berat 390 ton.

"Kami ingin melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya," penyanyi utama Bono mengatakan belum lama ini mengenai panggung inovatif itu.

Sebanyak 90.000 tiket untuk konser itu terjual dalam hanya 54 menit pada 25 Maret, untuk harga antara 30 dan 150 euro (40 dan 200 dolar) masing-masing. Konser kedua dijadwalkan di Barcelona pada Kamis.

Beberapa ratus fans telah menghabiskan Senin malam di luar stadion untuk menjamin sebuah tempat yang baik di rerumputan itu.

Setelah Barcelona, tur itu akan pindah ke stadion San Siro di Milan pada 7 Juli dan kemudian ke Prancis, Jerman dan Belanda.

Band itu akan pulang pada 24 Juli untuk bermain di Croke Park di Dublin sebelum menuju ke Swedia, Polandia dan Kroasia dan kemudian lima penampilan di Inggris.

Mereka kemudian menuju ke Atlantik, dengan pertunjukan pertama mereka di wilayah AS dan Kanada sebagai tahap terakhit dari perjalanan mereka, di Soldier Field di Chicago pada 12 September.

Tur terakhir mereka adalah pada 2005 dan 2006 yang menarik sekitar 4,5 juta penggemar pada 127 pertunjukan, semua (tiket) terjual habis.

U2, didirikan di Dublin pada 1978, telah menjual sekitar 100 juta album.(*)

Pewarta: ricka
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009