Jakarta,(ANTARA News) - Calon Presiden M Jusuf Kalla menjanjikan akan melaksanakan program pendidikan gratis hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

"Nanti kalau saya diberikan amanat akan kita laksanakan pendidikan gratis hingga SLTA," kata Jusuf Kalla saat kampanye di GOR Senam Raden Intan, Jakarta Timur, Kamis.

Sebelumnya, salah seorang peserta kampanye meminta agar pendidikan gratis bisa sampai SLTA. Menurut Kalla, masalah pendidikan merupakan hal pokok bagi peningkatan kualitas dan kemajuan bangsa.

"Selain itu juga gratis di Perguruan Tinggi untuk mereka yang tidak mampu tapi pintar," katanya.

Dalam kampanye tersebut Jusuf Kalla juga melakukan dialog dengan masyarakat.

Sebelumnya, ratusan massa dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden Jusuf Kalla-Wiranto.

Pernyataan sikap dilakukan ratusan massa yang mengenakan atribut dan bendera PPP, PBR dan PAN. Pernyataan dukungan tersebut dibacakan di hadapan capres Jusuf Kalla di depan pintu masuk GOR.

"Terima kasih atas dukungannya," kata Capres Jusuf Kalla yang didampingi Ny Mufidah Kalla.

Sementara itu, ribuan massa sudah menanti di dalam GOR. Sebelum kampanye dilaksanakan, perwakilan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabotabek membacakan pernyataan sikap mereka.

Pada kesempatan itu, BEM menyampaikan tiga mandat kepada pasangan Capres/Cawapres JK-Wiranto.

Pertama, BEM memberikan mandat untuk peningkatan pendidikan dan pemberian beasiswa kepada para pelajar serta mahasiswa.

Kedua, memberikan mandat agar budaya lokal sehingga bisa menjadi aset bangsa dan jadi alat diplomasi ke dunia internasional.

"Ketiga, jadikan produk dalam negeri menjadi produk andalan untuk kemandirian bangsa," kata M Idris, perwakilan mahasiswa yang membacakan pernyataan BEM se-Jabotabek itu.

Dalam kampanye di wilayah DKI Jakarta, pasangan JK-Wiranto tidak melaksanakannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno namun dilakukan di lima titik di DKI Jakarta.

"Kita lakukan kampanye di lima titik untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," kata Kalla.

Kelima titik kampanye tersebut di Jakarta Timur berlokasi di GOR Senam Raden Inten.

Di Jakarta Pusat berlokasi di GOR Senen, di Jakarta Utara berlokasi di Gedung Serba Guna Sunter, Podomoro.

Sementara di Jakarta Barat mengambil lokasi di Lapangan Tenis Perumahan Cengkareng Indah, serta di wilayah Jakarta Selatan berlokasi di Lapangan Blok S dengan dimeriahkan oleh Grup Band /rif serta bakti sosial berupa pembagian bibit pohon.(*)

Pewarta: handr
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009