Moskow,(ANTARA News) - Rusia siap membangun hubungan efektif dengan Amerika Serikat sebagai reaksi atas kesediaan Presiden AS Barack Obama untuk meningkatkan hubungan, kata Presiden Dmitry Medvedev, Kamis.

"Pemerintahan baru yang dipimpin oleh Presiden Obama menunjukkan kesediaannya untuk mengubah situasi dan membangun hubungan yang lebih efektif, dapat dipercaya dan moderen," kata Medvedev.

"Kami siap untuk memainkan peran kami," tambahnya, saat berbicara melalui video yang ditayangkan di laman Kremlin.

Obama tiba di Moskow pada Senin dalam upayanya untuk "memperbaruhi" hubungan AS-Rusia yang memburuk dibawah kepemimpinan pendahulunya George W Bush, di tengah-tengah perbedaan pendapat.

Presiden AS akan melakukan pembicaraan dengan Medvedev mengenai sejumlah topik-topik, termasuk perlucutan senjata nuklir dan perselisihan mengenai rencana AS untuk menempatkan fasilitas misil pertahanan di Eropa timur, yang ditentang Moskow.

Ini akan menjadi kunjungan pertama Obama ke Rusia sejak pelantikannya Januari lalu, sekalipun ia telah bertemu dengan Medvedev di sela-sela pertemuan KT G-20 di London, April lalu, demikian dikutip dari Reuters.(*)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009