Magelang (ANTARA News) - Pimpinan belasan partai politik (parpol) pendukung Soesilo Bambang Yudoyono (SBY)-Boediono di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menyeberang dan mengalihkan dukungan ke pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto.

"Kami mencabut dukungan kepada SBY-Boediono serta menyatakan dukungan untuk Megawati-Prabowo," kata juru bicara pimpinan belasan parpol itu, yang juga Ketua DPC PKPB, Kabupaten Magelang, Indra Gunawan, saat pernyataan pencabutan dukungan di hadapan Ketua Tim Sukses Megawati-Prabowo Kabupaten Magelang, Singgih Sanyoto, di Magelang, Jumat.

Pimpinan parpol di daerah yang mencabut dukungan kepada SBY-Boediono itu adalah PAN, PPP, PKPB, PPRN,PPD, PDP, PMB, Republikan, PBB, Partai Barnas, Partai Patriot, PKDI, Partai Merdeka, Partai Karya Perjuangan, dan PDK.

Ia menjelaskan, pengalihan dukungan itu dilakukan karena mereka kecewa pada Tim Kampanye SBY-Boediono yang tidak koordinatif, arogan, dan tidak transparan.

"Dan adanya pernyataan dari ketua tim kampanye yang tidak mencerminkan semangat kebersamaan. Kami mencabut dukungan hanya untuk Kabupaten Magelang," katanya.

Indra menyatakan siap dipecat dari jabatan Ketua DPC PKPB Kabupaten Magelang karena melakukan manuver seperti itu. Pernyataan senada disampaikan Ketua DPC Partai Barnas Kabupaten Magelang, Atas.

Sementara Sekretaris DPC PBB Kabupaten Magelang, Ridwan Budiyarto, mengatakan, pihaknya segera menyampaikan keputusan pemindahan dukungan itu kepada Tim Sukses SBY-Boediono.

Singgih Sanyoto yang juga Bupati Magelang itu, menyatakan, berterima kasih atas tambahan dukungan bagi pemenangan Megawati-Prabowo pada Pemilu Presiden (Pilpres), 8 Juli 2009 itu.

"Tentu ini akan menambah kekuatan untuk kemungkinan memberikan kemenangan terbaik bagi Megawati-Prabowo di Kabupaten Magelang, ini hal yang wajar dalam alam demokrasi. Kami tidak ada unsur pendekatan, iming-iming, ini tulus," katanya.

Pimpinan belasan partai di daerah penyemapl ini kemudian berjalan kaki menuju Posko Tim sukses SBY-Boediono Kabupaten Magelang, untuk menyampaikan pernyataan pencabutan dukungan tersebut dan diterima petugas piket Posko Tim sukses SBY-Boediono Kabupaten Magelang, Agus Saryono.

"Ketua tim kami sedang ke Semarang, tetapi pernyataan pencabutan dukungan itu kami terima dan nanti disampaikan kepada ketua," kata Agus. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009