Purworejo (ANTARA News) - Calon Wakil Preseiden Wiranto menegaskan bahwa terkait membanjirnya produk pertanian impor, pemerintah harus aktif membantu petani dalam negeri meningkatkan mutu serta produksi karena jika tidak mereka akan gulung tikar.

"Tanpa campur tangan pemerintah, maka para petani akan gulung tikar," kata Wiranto di Purworejo, Jateng, Jumat malam, ketika kampanye dialogis dengan ratusan pendukung Wiranto di kota itu.

Wiranto yang juga Ketua Umum DPP Partai Hanura mengatakan, Indonesia kini terus diserbu berbagai produk pertanian impor mulai dari kacang kedelai hingga buah-buahan antara lain dari China.

"Produk-produk pertanian luar negeri terus membanjir Indonesia, padahal kita mempunyai begitu banyak lahan yang subur," kata Wiranto yang didampingi istrinya Uga Wiranto.

Pada masa lalu kehidupan para petani di tanah air relatif baik karena pemerintah melalui Bulog dan Dolog (ketika itu) selalu berusaha menstabilkan harga-harga komoditas pertanian.

Namun sekarang karena Indonesia dipaksa mengikuti liberalisasi ekonomi dunia, maka peranan Bulog dan Dolog sebagai stabilisator menjadi tidak terasa.

Pada Jumat malam Wiranto dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Kota Solo dan kemudian menyaksikana pagelaran wayang.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009