Laguna Seca, California (ANTARA News) - Pembalap Honda Dani Pedrosa menang dalam Moto GP Amerika Serikat, Minggu dan kemenangan pembalap Spanyol itu merupakan yang pertama setelah lebih dari setahun.

Pembalap Italia Rossi, lima kali juara dunia Moto GP, memperpanjang kepemimpinannya dalam klasemen menjadi sembilan poin setelah masuk garis akhir lebih dulu dibandingkan rival terdekatnya, rekan setimnya di Yamaha Jorge Lorenzo.

Pembalap Spanyol Lorenzo, yang mendapat posisi terdepan (pole position) kendati mengalami kecelakaan dan cedera tulang selangka pada hari dalam kualifikasi hari Sabtu, dengan berani menekan keras Rossi tetapi dia harus puas di urutan ketiga.

Rossi menyudahi balapan 0,344 detik di belakang Pedrosa, sedangkan Lorenzo terpaut 1,582 dari sang juara. Pembalap Ducati Casey Stoner di tempat keempat.

Kedua pembalap Yamaha itu saling bersaing untuk mendapatkan tempat kedua hampir sepanjang balapan setelah Pedrosa berada di depan sejak awal untuk menyudahi lintasan yang menantang dalam waktu 44 menit 01,580 detik.

Pedrosa terakhir kali menang di Catalan Grand Prix pada Juni 2008 dan kendati berada jauh di depan sepanjang balapan, ia harus mengatasi Rossi pada akhir lap terakhir.

Ketika Pedrosa mereda pada tahap akhir, Rossi merasakan peluang untuk meraih kemenangan dramatis pada tikungan tajam terakhir namun jaraknya terlalu jauh.

"Saya nyaman, membalap dengan baik, lap demi dan pada lap terakhir saya agak terlalu santai," kata Pedrosa kepada BBC seperti dikutip Reuters.

"Saya lihat hampir dua detik (pada papan) ketika saya lewat untuk lap terakhir dan kemudian pada sudut terakhir saya lihat Rossi. Untungnya itu lap terakhir dan saya bisa menang balapan. Rasanya Menyenangkan bisa kembali menang, bagi saya dan juga bagi tim," tambahnya.

Rossi mengatakan ia terpaksa menahan diri karena berisiko dan peluangnya untuk berhasil kecil.

"Itu tempat yang berisiko dan saya tidak cukup dekat ke Dani untuk mencoba mengejar. Saya menuruni lap terakhir seperti kesetanan dan saya tiba di belakang dia tetapi itu terlalu berisiko, ada risiko menyentuh Dani atau terjengkang bersama."

"Pada akhirnya, tempat kedua dan 20 poin adalah penting," kata Rossi, yang difavoritkan menjelang balapan.

Pembalap Italia Loris Capirossi tersingkir pada lap keempat dan pembalap Inggris Raya James Toseland didiskualifikasi setelah start melompat.

Lorenzo, yang langsung mendapat perawatan kantung es setelah balapan dan harus ditolong naik ke podium, mengatakan ia menderita nyeri sepanjang lomba.

"Saya melakukan start yang buruk, segalanya sangat sulit tetapi dengan awal yang buruk menjadi lebih sulit. Saya melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan, nyerinya luar biasa," katanya.(*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009