Jakarta,(ANTARA News) - Calon presiden Jusuf Kalla didampingi Wiranto dan Megawati Soekarnoputri bersama Prabowo Subianto mendatangi Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin, untuk meminta penjelasan mengenai daftar pemilih tetap (DPT) pilpres 2009.

Kalla dan rombongan tiba sekitar pukul 10.00 WIB dan sekitar 10 menit kemudian pasangan Megawati-Prabowo tiba di KPU dan langsung menuju ke ruang Ketua KPU, Gedung KPU lantai dua.

Sebelumnya, kedua pasangan capres-cawapres yaitu Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Jusuf Kalla-Wiranto, pada Minggu (5/7) malam bertemu di Pusat Dakwah Muhammadiyah untuk membahas masalah DPT.

Calon presiden Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnoputri mendesak KPU untuk memperbaiki DPT pilpres dalam waktu satu kali 24 jam

Menurut Kalla, perbaikan DPT sesuai undang-undang cukup dilakukan melalui keputusan KPU.

"Ini bukan persoalan kami tidak siap. Kami siap. Atau masalah kalah menang. Ini adalah masalah hak-hak rakyat dalam pemilu presiden 2009," katanya.

Untuk itu, ujar Kalla, pihaknya bersama dengan Megawati-Prabowo mendesak KPU untuk segera menyelesaikan persoalan DPT.

Sementara itu, anggota KPU I Gusti Putu Artha menegaskan pihaknya siap untuk menjelaskan DPT pilpres 2009.

"Kita sudah siapkan pokok-pokok penjelasan, kronologis langkah-langkah yang dilakukan KPU dalam memutakhirkan data pemilih. Dan kami yakin DPT tidak ada masalah," katanya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009