Indianapolis, Indiana (ANTARA News/AFP) - Juara Olimpiade Aaron Peirsol merebut kembali rekor dunia 100m gaya punggung, Kamis WIB, dengan catatan waktu 51,94 detik dalam ujicoba Kejuaraan Dunia Renang AS.

Peirsol, yang meraih medali emas Olimpiade dengan waktu 52,54, yang kemudian menjadi rekor dunia di Beijing tahun lalu, kehilangan rekornya yang dipecahkan Aschwin Wildeboer Faber, dengan waktu 52,38 detik ketika memimpin Spanyol dalam gaya ganti estafet pada Mediterranean Games di Pescara, Italia, 1 Juli lalu.

Peirsol (25) memperkecil catatan waktu 100m gaya punggung untuk keenam kali sepanjang karirnya.

Penampilan Wildeboer Faber mengakhiri rekor dunia yang hampir lama dipegangnya, namun itu hanya berlangsung sebentar.

"Saya kira saya bisa melakukan sesuatu yang spesial malam ini, dan saya senang saya bisa," kata Peirsol.

Matt Grevers hampir tidak bisa mengungguli Peirsol saat berputar, namun berhasil menempati posisi kedua dengan waktu 53,11.

Peirsol, yang membukukan tiket ke Kejuaraan Dunia di Roma bulan ini, mengatakan pencetakan rekor dunia tidak akan pernah usang.

"Siapa pun bisa meraih medali emas, siapa pun bisa memecahkan rekor dunia pada hari yang luar biasa," katanya. "Konsistensi adalah sesuatu yang lebih sulit untuk dicapai."

Peirsol melaju dengan Arena X-Glide, salah satu generasi baru pakaian renang berbasis polyurethane, tetapi memilih gaya yang membuat torsonya terbuka.

"Ini bukan untuk saya," katanya mengenai pakaian tertutup penuh. "Saya tidak mengatakan ini tidak berhasil untuk orang lain. Saya ingin menggunakan yang nyaman bagi saya. Ini cukup bagus." (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009