Jakarta, (ANTARA News) - Jumlah bus Transjakarta di Koridor II (Pulogadung - Harmoni) tidak beroperasi sepenuhnya antara lain karena akses keluar masuk di pangkalan bus tersebut di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, terhambat oleh banjir.

"Dari 48 yang biasa dioperasionalkan, hanya sekitar 20 yang bisa tetap beroperasi," kata Pelaksana Tugas Manajer Pengendalian Transjakarta, Bano Yogaswara, di Jakarta, Kamis.

Namun, pihak Transjakarta tetap bertekad untuk tetap memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi warga yang menjadi pengguna moda transportasi busway.

Bano juga memaparkan, genangan air yang kondisinya parah terdapat di Jalan Perintis Kemerdekaan antara lain terletak di sekitar kawasan Pedongkelan.

"Tinggi air di Pedongkelan mencapai sekitar 30 cm," katanya.

Selain itu, ujar dia, genangan air yang menghambat arus lalu lintas di Jalan Perintis Kemerdekaan juga terdapat di depan Rumah Sakit Mediros di daerah Pulogadung.

Sebelumnya, Bano juga mengemukakan bahwa terhambatnya arus lalu lintas juga menyebabkan rute Koridor II juga terpaksa diperpendek hingga bus Transjakarta tidak sampai Terminal Pulogadung tetapi hanya mencapai halte Cempaka Putih.

Ia menuturkan, pemendekan rute tersebut telah dilakukan sejak sekitar pukul 06.30 WIB.

Sementara itu, Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya juga menginformasikan bahwa Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, ditutup karena genangan setinggi 50 sentimeter.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009