Jakarta (ANTARA News) - Api yang berkobar di pusat perbelanjaan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, sudah padam total setelah petugas pemadam kebakaran kembali memadamkan api yang tiba-tiba tersulut Sabtu pagi sekitar pukul 06.30.

Api yang kembali muncul tersebut tergolong kecil, namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, petugas mengerahkan satu mobil pemadam dan hanya dalam waktu singkat api tersebut sudah diatasi.

Empat mobil pemadam yang siagakan di lokasi Pasar Baru sejak Jumat malam sudah meninggalkan lokasi. Pantauan ANTARA, api kini sudah padam total.

Kebakaran di Pasar Baru itu yang terjadi Jumat sekitar pukul 17.30 WIB tersebut menghanguskan empat unit toko, yakni toko tekstil Mode Indonesia, toko sepatu Roma, toko sepatu Sin Lie Seng dan sebagian toko arloji Pasar Baru.

Menurut petugas Satpam Kompleks Pasar Baru, dari beberapa kali peristiwa kebakaran sejak pusat belanja itu beroperasi, baru kali ini kebakaran menghanguskan hingga empat toko.

"Ini kebakaran paling parah. Sebelumnya juga ada kebakaran tapi bisa dilokalisir oleh petugas pemadam sehingga hanya satu toko saja yang terbakar," kata S Mardi, Satpam setempat.

Dia mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahui pasti namun sumber api berasal dari toko Mode Indonesia. Api bersumber dari bangunan bagian belakang. Angin yang bertiup kencang menyebabkan api cepat merambat ke toko lain di kanan dan kirinya.

Hingga kini belum diketahui jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut. Bangunan yang terbakar kini sudah diberi garis polisi.

Sementara itu kebakaran yang melalap lapak pedagang kayu di Jalan Raya Bekasi Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, hingga Sabtu pagi belum padam total. Beberapa titik api terlihat masih menyala.

Belum padamnya api itu karena petugas pemadam kebakaran kesulitan memperoleh air. Petugas hanya mengandalkan air kali dan hidran yang di sekitar lokasi kejadian.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009