St Girons, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Luis Leon Sanchez dari Spanyol memenangi etape kedelapan sejauh 176,5 kilometer lomba balap sepeda Tour de France antara Andorra dan St Girons, Sabtu.

Pembalap tim Caisse d`Epargne itu, pemenang etape Tour de France di Aurillac, mengalahkan pembalap Prancis Sandy Casar dan pembalap Spanyol lainnya, Mikel Astarloza yang melewati garis finis hampir bersamaan.

Ketiga pembalap itu menguasai lomba sejak tanjakan terakhir, ditempel oleh Vladimir Efimkin dari Rusia yang akhirnya finis urutan keempat.

Sementara itu Rinaldo Nocentini dari Italia mempertahankan jaket kuning tanda pimpinan klasemen yang diraihnya pada etape sebelumnya.

Dalam etape delapan yang penuh tanjakan itu, pembalap Australia Cadel Evans, menjadi peserta pertama yang mencoba keberuntungannya di lintasan berlokasi 2.400 meter di atas muka laut itu.

Namun ia mulai ketinggalan pada jalan menurun.

Di Col d`Agnes, 45 kilometer dari garis finis, pembalap Luksemburg Andy Schlecxk mencoba melepaskan dari rombongan besar namun gagal.

Etape kesembilan sejuah 160,5 kilometer dari Saint Gaudens ke Tarbes, Minggu, akan dimulai tanpa juara Tour de France 2006 Oscar Pereiro.

Pembalap Spanyol itu, memutuskan tidak melanjutkan lomba setelah tanjakan pertama etapi delapan.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009