Washington, (ANTARA News) - Presiden Barack Obama, Selasa mengatakan, ia memperkirakan tingkat pengangguran AS, saat ini pada 9,5 persen, naik lagi dalam bulan-bulan mendatang.

"Ini resesi yang lebih parah dari yang kami telah lihat sejak Depresi Besar," kata Obama, menambahkan bahwa Amerika Serikat akan "mungkin terus melihat pengangguran naik untuk beberapa bulan."

Pada bulan Juni, Obama mengatakan dia menilai tuna karya yang diperkirakan memasuki dua digit tahun ini. Itu sudah melampaui 14 persen di Michigan, di jantung sejarah dari sekto produsen otomotif negara itu.

Presiden Amerika Serikat mennyatakan bahwa "kita telah melihat beberapa stabilisasi di pasar keuangan, dan itu bagus," tetapi mengatakan bahwa sejarah menunjukkan pemulihan akan memerlukan lebih banyak waktu.

"Secara historis, bahkan setelah Anda mulai memasuki sebuah pemulihan, pertumbuhan positif, mempekerjakan, biasanya ketinggalan untuk beberapa saat setelah itu," katanya.

Pengangguran naik menjadi 9,5 persen pada bulan Juni, menurut angka Departemen Tenaga Kerja, menyusut 467.000 pekerjaan pada bulan tersebut.

Gambaran itu naik 45 persen dari bulan sebelumnya yang turun dan mendorong ke tingkat tertinggi 26 tahun.

Angka-angka itu sedikit memberi harapan AS cepat keluar dari resesi saat ini yang menimpa ekonomi terbesar di dunia.

Obama mengatakan pada Juni bahwa dia memperkirakan pengangguran akan mencapai 10 persen tahun ini.

Presiden kemudian bepergian ke negara bagian Michigan - rumah raksasa otomotif General Motors dan Chrysler, keduanya mengajukan kepailitan dan mengandalkan bantuan pemerintah untuk hidup - dimana dia meluncurkan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah lulusan sekolah sebagai cara untuk membantu memperkuat ekonomi.

Menurut Gedung Putih, komunitas sekolah, yang melayani sekitar enam juta siswa, mewakili jumlah mahasiswa perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Inisiatif Obama akan mengalokasikan 12 miliar dolar AS selama 10 tahun untuk meningkatkan jumlah lulusan sekolah AS lima juta pada tahun 2020.

Komunitas sekolah menawarkan program diploma dua tahun di bidang teknik, dan sering diperuntukkan untuk siswa yang tidak mampu empat tahun di universitas, ingin mengambil kelas untuk meningkatkan keterampilan teknik, atau menggunakannya sebagai batu loncatan untuk masuk ke universitas.

"Kebenaran keras adalah bahwa beberapa pekerjaan yang telah hilang dalam industri otomotif dan tempat-tempat lain tidak akan datang kembali," kata Obama dalam pidato di Macomb Community College di Warren, Michigan.

"Mereka adalah korban dari perubahan ekonomi. Dan itu hanya menggaris-bawahi pentingnya usaha baru dalam dan industri baru untuk menggantikan yang telah hilang itu, dan kami mempersiapkan para pekerja untuk mengisi lowongan pekerjaan buat mereka," katanya, demikian dikutip dari AFP.(*) 

 

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009