Sydney (ANTARA) - Saham-saham Aussie ditutup lebih rendah pada Kamis, dalam hari perdagangan yang sulit, meskipun rilis angka menunjukkan rekor surplus perdagangan pada Maret.

Pada penutupan pasar, indeks S&P/ASX 200 kehilangan 20,40 poin atau 0,38 persen menjadi 5.364,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 14,90 poin atau 0,27 persen, pada 5.449,90 poin.

Baca juga: Saham Australia dibuka lebih rendah seiring penurunan pasar global

Surplus perdagangan Australia meningkat ke rekor 6,8 miliar dolar AS disesuaikan secara musiman pada Maret, sebagian besar didukung oleh permintaan kuat China untuk bijih besi.

Angka tersebut jauh melampaui prediksi analis dan merupakan peningkatan tajam dari surplus 2,5 miliar dolar AS yang direvisi turun pada Februari.

"Dalam situasi saat ini dengan berbagai faktor yang telah memukul perdagangan global dalam beberapa minggu dan bulan terakhir pada saat Anda harus mengharapkan yang tak terduga dan neraca perdagangan hari ini memang tak terduga," kepala analis pasar keuangan Westpac Bank, Robert Rennie, mengatakan kepada Xinhua.

Menyusul berita tersebut, sektor material adalah salah satu dari sedikit yang berakhir lebih tinggi dengan raksasa bijih besi, BHP dan Fortescue keduanya melonjak lebih dari 1,5 persen.

Sementara itu, layanan kesehatan dan teknologi informasi juga terangkat, sementara sisa pasar lainnya mencatat kerugian kuat, dipimpin oleh sektor perbankan yang berakhir 1,5 persen lebih rendah.

Bank-bank besar Australia merosot dengan Commonwealth Bank turun 1,81 persen, Westpac Bank turun 2,26 persen, National Australia Bank turun 2,23 persen dan ANZ turun 2,16 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan Rio Tinto turun 0,59 persen, BHP naik 1,94 persen, Fortescue Metals naik 1,69 persen dan penambang emas Newcrest turun 2,86 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search turun 2,71 persen, Santos turun 1,86 persen dan Woodside Petroleum turun 1,37 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,59 persen dan Woolworths turun 0,60 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai nasional Qantas turun 1,14 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,38 persen.

Baca juga: Saham Korea berakhir turun tipis, indeks KOSPI berkurang 0,15 poin
Baca juga: Bursa Saham Filipina ditutup bervariasi, Indeks PSE naik 0,25 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020