Jakarta,(ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi naik hingga dibawah angka Rp10.100 per dolar, karena pelaku pasar terus membeli rupiah, sebab berbagai isu negatif dari Eropa dan Amerika Serikat bermunculan.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat mencapai Rp10.088-Rp10.100 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp10.107-Rp10.115 atau naik 19 poin.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga di Jakarta, Kamis mengatakan, berbagai isu negatif yang muncul di pasar memicu pelaku pasar berhati-hati untuk memegang dolar lebih jauh.

Pelaku lokal dan asing mencoba melepas dolar, karena khawatir isu negatif dari Eropa dan Amerika akan mengurangi nilai investasi mereka di kedua negara itu, kata Edwin Sinaga .

Karena itu, menurut Edwin Sinaga rupiah sampai akhir pekan ini diperkirakan akan bisa berada dibawah angka Rp10.000 per dolar.

Posisi rupiah yang dibawah level tersebut kemungkinan juga didukung oleh wacana positif bahwa investor akan meningkatkan investasi di kawasan Asia Pasifik khususnya di pasar Indonesia, yang dinilai ekonominya tumbuh lebih baik setelah Republik Rakyat China dan India, katanya.(*)

Pewarta: imung
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009