Paris (ANTARA News/AFP) - Pembalap Prancis, Sebastien Bourdais telah dipecat oleh tim Toro Rosso, demikian pengumuman tim Formula Satu itu, Kamis.

Pembalap Prancis itu tampil kurang memuaskan di balapan Formula Satu tahun ini dan tidak akan balapan lagi untuk tim tersebut di Grand Prix Hungaria 26 Juli.

"Grand Prix Jerman pekan lalu merupakan balapan terakhir Sebastien Bourdais untuk Scuderia Toro Rosso," kata pimpinan tim, Franz Tost.

"Selama dua tahun Sebastien bersama kami, kerekanan kami belum memenuhi harapan dan oleh karena itu kami memutuskan untuk menggantinya mulai Kejuaraan Dunia babak berikutnya, Grand Prix Hungaria.

Pengumuman tentang penggantinya akan segera diumumkan sebelum Grand Prix Hungaria."

Pembalap berusia 30 tahun tersebut posisinya dua tingkat di bawah rekan satu timnya dari Swiss, Sebastien Buemi.

Bourdais, yang bergabung dengan Toro Rosso tahun 2008, hanya mengumpulkan enam poin dari 27 Grand Prix yang ia ikuti, hanya mencapai dua kali posisi ketujuh musim lalu dan dua kali tempat kedelapan tahun ini.

Pembalap Spanyol, Jaime Alguersuari, dikabarkan akan menggantikan satu-satunya pembalap Prancis di Formula Satu tersebut dan pada usianya yang 19 tahun akan menjadi pembalap termuda di Formula Satu.

Alguersuari, yang mendapat sponsor dari perusahaan minyak raksasa Spanyol, Repsol, tahun lalu menjuarai kejuaraan F3, dan telah menjadi pembalap cadangan Red Bull sejak 1 Juli.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009