Semarang, (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA Chris John menjalani latihan ringan di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, untuk persiapan menghadapi petinju tuan rumah, Rocku Juarez pada tarung tunda di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009.

Petinju kelahiran Banjarnegara, Jateng tersebut ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan, untuk sementara dirinya hanya menjalani latihan ringan sambil menunggu kondisinya pulih 100 persen.

Suami mantan atlet wushu Jateng Anna Maria Megawati tersebut berangkat ke Perth Minggu (19/7) dan tiba di Negeri Kanguru itu Senin (20/7).

Ketika ditanya apakah sesi latihan sekarang ini mulai dari awal, mengingat pertarungan ulang melawan Juarez, 27 Juni 2009 batal, petinju dengan julukan The Dragon tersebut mengatakan, tidak dan latihan sekarang ini sifatnya hanya yang ringan-ringan saja.

"Latihan inti sudah dilakukan pada waktu yang lalu yaitu saat persiapan menjelang tarung ulang 27 Juni 2009, sekarang ini latihan ringan-ringan saja," kata ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani).

Tarung ulang melawan Rocky Juarez, 27 Juni 2009 di Staples Center Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009 tidak jadi dilaksanakan karena Chris John mengalami gangguan pernapasan atau "oxygen toxicity syndrome" atau "oxygen intoxication".

Gangguan pernapasan diderita petinju yang mendapat gelar Super Champions tersebut sepekan sebelum naik ring menghadapi Juarez, 27 Juni 2009.

Saat sesi latihan dengan teman latih tanding, yaitu ronde kelima Chris John mengalami gangguan pernapasan tersebut kemudian pada pertengahan ronde keenam terpaksa dihentikan.

Meskipun batal bertanding, 27 Juni 2009, Chris John tetap naik ring untuk menerima gelar Super Champions yang diberikan langsung oleh Presiden WBA Gilberto Mendoza Jr.

Pada pertarungan pertama di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009, berakhir dengan hasil imbang 114-114 dan Oscar de la Hoya dari Golden Boy Promotions (GBP) berniat mempertemukan kembali kedua petinju dala pertarungan ulang atau "rematch".

Chris John berlatih di Australia di bawah asuhan pelatih Craig Christian yang juga manajernya sekitar satu bulan sampai akhir Agustus 2009, kemudian awal September 2009 berangkat ke Amerika Serikat untuk melanjutkan persiapan hingga saat pertarungan melawan Juarez, 15 September 2009.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009