San Francisco (ANTARA News)  - Apple pada Selasa melaporkan 1,23 miliar dolar AS dalam bentuk keuntungan pada kuartal terakhir tahun fiskal di tengah kuatnya penjualan iPhone dan komputer Macintosh.

Apple mengatakan bahwa kuartal yang berakhir 27 Juni memperlihatkan laba 1,35 dolar AS per saham dibandingkan dengan 1,19 dolar AS per saham atau 1,07 miliar dolar AS pada periode sama tahun lalu.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini melaporkan pendapatannya mencapai 8,34 miliar dolar AS pada kuartal lalu dibandingkan dengan 7,46 miliar AS dalam periode tiga bulan yang sama pada 2008.

"Kami membuat produk-produk kami yang paling inovatif dan pelanggan kami meresponnya," kata kepala eksekutif Apple Steve Jobs dalam sebuah rilis tentang penghasilan.

"Penjualan kami mencapai lebih dari 5,2 juta unit iPhones pada kuartal ini dan pengguna telah mengunduh lebih dari 1,5 miliar aplikasi dari App Store kami dalam tahun pertamanya."

Penjualan iPhones meroket 626 persen dibandingkan dengan Juni 2008, menurut Apple.

Apple melaporkan bahwa penjualan komputer Macintosh naik ke 2,6 juta, empat persen lebih tinggi dibandingkan triwulan yang sama tahun lalu.

Namun, penjualan iPod MP3 player menyusut tujuh persen menjadi 10,2 juta dibandingkan tahun-ke-tahun, kata Apple.

"Kami sangat senang untuk melaporkan rekor pendapatan dan laba kuartal non-liburan dan arus kas operasional 2,3 miliar dolar AS," kata Direktur Keuangan Apple Peter Oppenheimer.

"Kami sangat bangga atas hasil ini, terutama mengingat iklim ekonomi di sekitar kita."

Oppenheimer mengatakan Apple memperkirakan pendapatan pada kuartal sekarang pada kisaran 8,7 hingga 8,9 miliar dolar AS dan laba bersih per saham menjadi 1,18 dari 1,23 dolar AS, demikian dikutip dari AFP.(*)

Pewarta: anton
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009