Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik Alfan Alfian menilai seorang pemimpin politik harus mempunyai visi dan juga pengetahuan yang baik terhadap perannya sehingga dapat secara optimal menjalankan perannya.

"Pemimpin politik harus mengetahui apa yang akan dilakukannya dan
menyadari perannya. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang cukup," katanya dalam peluncuran buku "Menjadi Pemimpin Politik" karangannya di Jakarta, Rabu malam.

Ia menjelaskan pengetahuan dan pemahaman akan peran sebagai pemimpin politik sangat penting karena saat ini cukup banyak bermunculan pemimpin-pemimpin politik termasuk di parlemen.

Karena itu Alfan mengatakan, ia merasa perlu menulis sebuah buku tentang kepemimpinan politik sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas kepemimpinan politik di Indonesia.

"Dalam buku ini banyak definisi tentang kepemimpinan dan setidaknya ada 50 hal tanya jawab tentang hal yang harus diketahui oleh seseorang yang akan menjadi pemimpin politik," katanya.

Sementara itu inisiator Akbar Tandjung Institute, Akbar Tandjung dalam sambutannya mengatakan melalui buku ini Alfian memberikan pemahaman kembali tentang pemimpin politik.

"Adanya banyak definisi kepemimpinan dan juga kekuasaan, semoga bisa memberikan kontribusi," kata Akbar Tandjung.

Ia juga menambahkan dari waktu ke waktu definisi politik dan juga
kekuasaan terus berubah seiring dengan perkembangan jaman sehingga menarik untuk dicermati.

Dalam peluncuran buku Alfan yang juga menjabat sebagai Direktur
Eksekutif Akbar Tandjung Institute hadir sejumlah tokoh antara lain Anas Urbaningrum, Sekjen PAN Zulkifli Hasan, Rektor Paramadina Anis Baswedan dan sejumlah tokoh lainnya.(*)

Oleh mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009