Solo (ANTARA News) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Alex Bambang Riatmodjo mengatakan, pihaknya berhasil menangkap seorang anggota jaringan Noordin M Top, berinisial A di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Berdasarkan keterangan yang kami dapat, orang tersebut mengaku bahwa dia telah direkrut Noordin M Top untuk menjadi pelaku bom bunuh diri," katanya di Solo, Kamis.

Dia mengatakan, orang tersebut telah ditawari Noordin M Top untuk dapat masuk surga jika melakukan peledakan bom bunuh diri.

"Saat ini pria tersebut telah kami amankan dan hari ini akan kami bawa ke Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri)," katanya tanpa mau menyebutkan waktu penangkapan dan tempat pengamanan pria tersebut.

Untuk penanganan selanjutnya, dia mengatakan, pihaknya menyerahkan kasus ini kepada Mabes Polri.

Mengenai barang bukti yang diamankan, dia mengatakan, pihaknya saat ini belum bisa memberikan laporan.

"Selain itu, lokasi yang akan menjadi sasaran pria tersebut belum bisa kami sampaikan. Yang jelas pria tersebut sudah mengakui semua tuduhan tersebut," katanya.

Semua informasi mengenai pria tersebut, lanjutnya, akan disampaikan kepada masyarakat setelah penyidikan di Mabes Polri selesai.

Dia mengatakan, penangkapan pria tersebut diharapkan dapat membantu kepolisian dalam mengungkap jaringan Noordin M Top yang masih berada di Indonesia.

"Selain itu, saya menghimbau kepada seluruh warga Jawa Tengah untuk terus waspada karena anggota-anggota jaringan teroris ini masih berkeliaran di wilayah ini," kata Alex Bambang Riatmodjo.(*)

Pewarta: bwahy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009