Palu (ANTARA News) - Sedikitnya dua buah bangunan penduduk hangus dilalap api, menyusul kebakaran hebat yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Kamis tengah malam hingga Jumat dini hari.

Kebakaran itu menghanguskan satu blok rumah kos dengan 12 kamar dan sebuah rumah penduduk di Jln Nokilalaki, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Selatan, hingga rata dengan tanah.

Adha, warga setempat yang juga saksi mata, mengatakan awal sumber api terlihat sekitar pukul 23:50 Wita dari arah belakang rumah milik Ni`mah.

Sejumlah warga setempat yang mengetahui kebakaran ini segera berdatangan ke lokasi kejadian dan berusaha memadamkan api dengan cara mengambil air menggunakan ember dari rumah-rumah penduduk, namun mereka tidak berhasil mengendalikan si "Jago Merah" yang terus membesar.

Ia menambahkan dirinya sempat mendengar khabar kalau sebelum terjadi kebakaran dan apinya membesar, ada lilin terjatuh dan menyambar salah satu kamar kos di belakang rumah milik Ni`mah.

"Cuma saya tidak mengetahui siapa yang tinggal di kamar kos tersebut," tuturnya, dan menambahkan saat kejadian listrik pasokan PLN di kawasan tersebut lagi padam.

Kebakaran keduanya di Kota Palu kurun dua pekan terakhir itu baru berhasil dikendalikan sekitar satu jam kemudian setelah lima unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan Pemkot Palu tiba di lokasi kejadian.

Aparat kepolisian dari Polres Palu hingga kini masih mengamankan lokasi kebakaran dengan berjaga-jaga, sekaligus menyelidiki penyebab kebakaran dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

Pada awal awal bulan Juli lalu sebuah bangunan yang dijadikan show room mobilair di Jln Maluku, Palu Selatan, ludes dilalap api dengan menimbulkan kerugian ratusan juta rupiah.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009