Jakarta (ANTARA News) - Pecatur junior putri Indonesia MFW Medina Warda Aulia yang baru berusia 12 tahun secara mengejutkan mengalahkan pecatur juara Filipina MFW Shercila Cua pada Babak pertama kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam, Kamis.

Kejuatan lain juga terjadi ketika juara Filipina GM Wesley So ditahan remis MF Nguyen Ly Hong, demikian menurut siaran pers PB Percasi, Kamis.

Dua pecatur muda andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto dan GMW Irene Kharisma Sukandar berhasil memenangi partainya walau harus bermain panjang hingga empat jam lebih. Namun keduanya menguasai keadaan dari pembukaan hingga kemenangan direbut. Susanto menang atas Baba Masahiro dari Jepang pada langkah ke-64 pertahanan Grunfeld. Irene menang dari Daysi Rivera Filipina pada langkah ke-64 pertahanan Sisilia Najdorf.

Hasil pecatur Indonesia lainnya, Dewi AA Citra kalah dari Lkhamsuren Uugabayar dari Mongolia. Sementara Chelsie Monica Sihite mendapat bye karena dari 31 peserta putri, Chelsie satu-satunya yang belum memiliki rating sehingga berada di posisi unggulan terakhir.

Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City yang menggunakan sistem Swiss sembilan babak ini diikuti 85 pecatur dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, Mongolia dan tuan rumah Vietnam.
(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009