Jakarta (ANTARA News) - PT Hero Supermarket Tbk menyelenggarakan program "Merek Terkenal 2009" atau kompetisi antar merek yang menjual produk di gerai-gerai grup bisnis mereka, sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tarik terhadap konsumen.

"Kompetisi antar merek terkenal itu, sebagai salah satu upaya yang tepat sasaran dan efisien pada masa resesi, di mana kita dapat memperlihatkan keberhasilan vendor dalam promosi retail agar mudah diingat para konsumen, kata Technical Advisor untuk Marketing PT Hero Supermarket Tbk., Maria Louie, di Jakarta, Jumat.

Menurut Maria, cara penilaian kompetisi tersebut terdiri dari lima kategori yakni display paling kreaktif, instore paling inovatif, penentuan merek penyandang predikat yang terbaik dari yang terbaik.

Selain itu, penilaian kompetisi antar merek juga untuk kategori "best sales growth", yakni ditentukan langsung melalui perhitungan rinci oleh PT Hero Supermarket, sedangkan pemenang "people`s choise" ditentukan berdasarkan poling yang diadakan di seluruh gerai milik mereka.

Maria mengatakan, proses seleksi kompetisi antar merek terkenal sudah berjalan enam minggu ini, di seluruh gerai PT Supermarket Tbk yang terdiri dari Hero, Guardian, Starmart, dan Giant.

Mereka menyediakan tempat khusus untuk display dan melakukan aktifitas dalam toko bagi para pemasok produk. Dua kategori ini, pihaknya bertanggung jawab untuk menentukan pemenangnya.

Sementara Corporate Secretary of PT Hero Supermarket Tbk. Vivien Goh mengatakan, pada masa sulit seperti sekarang ini, para pelaku pasar dipaksa untuk mencari terobosan dan solusi yang berbeda.

Menurut dia, pihaknya percaya dengan promosi retail adalah salah satu solusi terbaik untuk memenangkan hati konsumen.

Cara tersebut digunakan di mana para konsumen disuguhkan banyak pilihan produk yang disampaikan dengan berbagai model iklan antara lain melalui televisi, radio, dan online.

"Alat promosi itu mencoba untuk mempengaruhi konsumen dengan cara cepat," katanya.

Namun, dengan cara kompetisi antar merek ini, konsumen dapat langsung melihat, menyentuh, mencium aroma, dan merasakan produk secara langsung di gerai mereka.

Mereka harus datang ke gerai PT Hero Supermarket melihat produk yang diinginkan. Jadi semua merek harus siap sedia menyambut para konsumen dengan tampilan menarik dan kreatif di dalam toko tersebut.

Merek terkenal 2009 produk yang dijual di gerai PT Hero Supermarket Tbk yang masuk nominasi untuk mendapatkan penghargaan antara lain, 3M, Sariwangi, Beng-beng, Indofood, Delfi, Lareo, Pepsoden, Rinso, Silver Quen, Ponds, Tropical, Shinzin, Hunz ABC, Laserin, dan Sunslik.

Perwakilan PT Unilever Tbk. David Freddynanto atau salah satu finalis dalam kompetisi antar merek terkenal menjelaskan, adanya program kompetisi antar mereka terkenal 2009 ini, dapat meningkatkan motivasi dan display maupun kegiatan instore bagi produknya.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009